Facebook dan dakwah Islam: kajian tentang penggunaan facebook sebagai media dakwah oleh usernya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ziyad, Ziyad (2010) Facebook dan dakwah Islam: kajian tentang penggunaan facebook sebagai media dakwah oleh usernya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ziyad_B01206010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggunaan facebook sebagai media dakwah oleh usernya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penggunaan facebook sebagai media dakwah oleh usernya. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan dan dokumenter. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan filling system. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan facebook untuk berdakwah itu cara dan jenis isi pesannya . Berdakwah di facebook dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu: 1) mengupload tulisan, video atau gambar di wall, dan 2) mengirim pesan langsung ke inbox. Sedangkan jenis isinya adalah meteri Aqidah dan Muammalah. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi dibalik perbedaan itu menyimpan kesamaan yaitu keduanya berdakwah di facebook dengan motif personal integrative needs. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, penelitian ini masih belum menjawab masalah dakwah melalui facebook lebih jauh lagi. Sehingga perlu kiranya diadakan penelitian lebih lanjut terkait tingkat efekitifitas berdakwah lewat facebook.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ziyad, ZiyadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Dakwah - Media
Internet
Uncontrolled Keywords: Facebook; dakwah Islam; media dakwah; user
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:42
Last Modified: 11 Jul 2018 04:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item