Studi komparatif antara pemikiran Masdar F. Mas'udi dan Yusuf Qardawi mengenai hak-hak reproduksi istri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Muhajir (2010) Studi komparatif antara pemikiran Masdar F. Mas'udi dan Yusuf Qardawi mengenai hak-hak reproduksi istri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhajir Anshori_C51206040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pandangan Masdar F. Mas'udi mengenai hak-hak reproduksi istri? Bagaimana pandangan Yusuf qardawi mengenai hak-hak reproduksi istri? dan apakah persamaan dan perbedaan antara pandangan kedua tokoh tersebut mengenai hak-hak reproduksi istri?. Data penelitian dihimpun melalui kajian teks dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif-komparatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pandangan Masdar F. Mas'udi dan Yusuf Qardawi telah menyatakan bahwa secara kodratnya istri adalah pengemban fungsi reproduksi umat manusia, sehingga segala haknya terkait dengan alat reproduksinya harus dijaga dan diperhatikan secara serius. Namun dalam pandangan kedua tokoh tersebut terdapat persamaan dan perbedaannya terkait hak-hak reproduksi istri yang melingkupi 3 hal yaitu: hak menikmati hubungan seksual, hak menentukan kehamilan dan hak menentukan kelahiran. SEjalan dengan hal tersebut maka disarankan bagi pasangan suami-istri agar memenuhi hak dan kewajiban masing-masing. Khususnya dalam hal ini bagi seorang suami ditekankan untuk menjaga dan memperhatikan hak-hak istri terkait dengan alat reproduksinya karena mengingat perannya sebagai pengemban kelangsungan hidup manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, MuhajirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Keluarga Berencana
Pemikiran
Keywords: Masdar F. Mas'udi; Yusuf Qardawi; Hak-hak reproduksi istri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2018 03:28
Last Modified: 10 Jul 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item View Item