Aktivitas Humas Partai Politik dalam proses pembentukan citra positif melalui media massa: studi pada Dewan Perwakilan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Yusuf (2009) Aktivitas Humas Partai Politik dalam proses pembentukan citra positif melalui media massa: studi pada Dewan Perwakilan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yusuf Efendi_B06205045.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menjalin hubWlgan dengan media (pers) merupakan salah satu aktivitas kehumasan partai politik, organisasi atau lembaga dalam membangun citra positif melalui media. Dalam dunia politik citra merupakan hal atau faktor utama bagi perkembangan dan kelangsungan hidupnya sebuah partai politik. Dengan menampilkan citra yang positif partai politik akan lebih mudah mendapatkan pendukung sebaliknya pula dengan citra yang negatif akan mengakibatkan pendukung kian menjauh, padahal pendukung dalam sebuah partai politik adalah ruh yang hams dimiliki dan dijaga untuk terns melanjutkan kiprahnya dalam panggung politik. Dengan kekuatan media massa, partai politik mampu membentuk opini publik dan citamya kepada masyarakat karena media mempunyai kekuatan yang dahsyat untuk mempengaruhi masyarakat. Untuk mengungkap persoalan tersebut di atas secara menyeluruh, dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis yang berguna untuk mengungkap apa saja aktivitas humas DPD Gerindra Kata Surabaya. Teknik pengwnpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan rumusan masalah yang telah ditetapkan, penelitian ini Wltuk mengetahui aktivitas humas yang dilakukan Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya Kata Surabaya dalam proses pembentukan citra positif melalui media massa. Ada beberapa temuan dalam penelitian yang berkaitan . dengan aktivitas Humas yang dilakukan oleh DPD Gerindra Kata Surabaya dalam proses pembentukan citrra positif melalui media massa. Aktivitas yang dilakukan antara Iain, melakukan political marketing, seperti yang dilakukan dalam Business Marketing, kandidat menawarkan janji, bantuan, kontrak politik serta kepribadian untuk mendapatkan respons berupa suara, tenaga sukarela, atau kontribusi bentuk lain melalui media massa atau media lainnya. Dari hasil kesimpulan maka penulis menyarankan agar dalam melaksanakan aktivitas humas partai, Partai Gerinndar hendaknya selalu membuat dan mengembangkan rencana kerja yang sifatnya antisifatif. Dan lebih berperan aktif terhadap keinginan apa yang di inginkan khalayak atau calon pendukungnya, agar lebih tercipta kesepahaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Yusuf--UNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Partai Politik
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Humas Partai Politik; Citra Positif; Media Massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:19
Last Modified: 09 Jul 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25429

Actions (login required)

View Item View Item