Pesan dakwah media cetak: analisis wacana pada buku Tafsir al Quran bahasa koran Buku I karangan KH. A Musta'in Syafi'ie pada pembahasan Surat al Fatihah dan al Baqarah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuriyah, Lailatul (2011) Pesan dakwah media cetak: analisis wacana pada buku Tafsir al Quran bahasa koran Buku I karangan KH. A Musta'in Syafi'ie pada pembahasan Surat al Fatihah dan al Baqarah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Zuriyah_B01207024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pesan dakwah dalam Buku Tafsir al Quran Bahasa Koran buku 1 Karangan KH. A Musta 'in Syafi'ie Pembahasan Pada Surat al-Fatihah dan al-Baqarah? Adapun tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pesan dakwah yang terkandung dalam buku tafsir al Quran bahasa koran. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyel uruh peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis permasalahan tersebut , peneliti menggunakan metode penelitian kualitati f dengan pendekatan ana.Iisis teks media, yakni analisis wacana yang dicetuskan oleh Norman Fairclough melalui tiga tahap, yaitu praktek sosial sosio-kultural (makro), praktek wacana (meso), teks (mikro). Sedangkan untuk penggalian data penulis menggunakan wawancara, dan dokementasi. Peneliti menyimpulkan bahwa materi yang disampaikan dalam Buku Tafsir al Quran Bahasa Koran Buku 1 Karangan KH. A Musta'in Syafi'ie Pembahasan pada Surat al-Fatihah dan al-Baqarah adalah materi yang aktual mencakup ajaran Islam yakni berhubungan dengan Aqidah dan syari'at. kedua pesan tersebut disimpulkan dengan menggunakan bahasa koran yang mana dalam hal ini dapat dibuktikan sesuai dengan kerangka analisis Norman Fairclough bahwa pesan atau bahasa itu mempunyai dialentis antara faktor ekonomi, sosial, politik dimana pesan itu dilahirkan atau ditulis. Berdasarkan masalah dan kesi mpulan tersebut, peneliti hanya membahas satu buku saja, maka dari itu penelitian mengharap agar penelitian yang akan datang membahas lebih detail lagi tentang Buku Tafsir al Quran Bahasa Koran Karangan KH. A Musta 'in Syafi'ie, Tentunya dengan menggunakan model analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuriyah, Lailatul--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Analisis Wacana; Tafsir al Quran Bahasa Koran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:39
Last Modified: 09 Jul 2018 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25426

Actions (login required)

View Item View Item