Pesan dakwah pada website www.akhlakmuliacenter.com: analisis isi pesan dakwah Ustadz Mas Dhanu pada artikel awal penyakit menurut al-Qur'an dan akhlak mulia-sebuah solusi penyembuh penyakit secara lslami

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najikh, Ahmad Hayyan (2011) Pesan dakwah pada website www.akhlakmuliacenter.com: analisis isi pesan dakwah Ustadz Mas Dhanu pada artikel awal penyakit menurut al-Qur'an dan akhlak mulia-sebuah solusi penyembuh penyakit secara lslami. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Hayyan Najikh_B01207045.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Website www.akhlakmuliacenter.com adalah salah satu situs yang memprioritaskan dakwah sebagai kajian utama untuk memberikan bimbingan dan pengajaran kepada manusia bagaimana untuk menjadi orang yang baik, yang selalu berperilaku baik, selalu berakhlak mulia dalam segala aspek kehidupannya. Salah satu pesan dakwahnya yaitu adanya keterkaitan antara sebuah penyakit dengan perbuatan (akhlak) kita. Maksudnya bahwa segala sakit, musibah dan kejadian yang tidak mengenakkan hati manusia adalah peringatan dari Allah sebagai hasil dari dosa dan kesalahan manusia itu sendiri. Namun Allah memaafkan sebagian dosa dan kesalahan man usia (disarikan dari QS Asy Syuraa: 30). Pesan-pesan dakwah yang ditampilkan dalam website akhlakmuliacenter.com, memiliki konteks yang beragam. Sebagai produk dari manusia, tentunya pesan-pesan yang ditampilkan menimbulkan penafsiran yang berbeda pada tiap-tiap pembacanya. Dari fenomena itu, penulis memfokuskan permasalahan bagaimana isi pesan dakwah yang ditampilkan dalam website www.akhlakmuliacenter.com di lihat dari struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris, sesuai analisis wacana pendekatan Teun A. Van Dijk. Hal ini senada dengan analisis wacana yang bertujuan untuk lebih melihat pada "Bagaimana" sebuah pesan atau teks. Hasil yang didapat dari analisis wacana ini akan di deskripsikan dengan interpretasi penulis. Dari metode penelitian dan analisa yang digunakan, maka di dapat suatu kesimpulan bahwa materi-materi yang di jadikan tema yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan materi dakwah pada umumnya. Hanya dalam pengemasannya saja yang berbeda. Selain itu juga di dapat bagaimana isi pesan dakwah yang ada pada website www.akhlakmuliacenter.com menurut nilai pokok ajaran Islarnlnilai pokok dakwah (Aqidah, Syari'ah, dan Akhlak). Diperlukan kelanjutan dari apa yang telah penulis lakukan. Disini penulis hanya menganalis teks pesan dakwah di website www.akhlakmuliacenter.com dengan judul "Awal Penyakit Menurut Al-Qur'an" dan Akiak Mulia-Sebuah Solusi Penyembuh Penyakit Secara Islami" maka untuk penelitian selanjutnya, penulis merekomendasikan untuk meneliti judul lain teks pesan dakwah dari www.akhlakmuliacenter.com atau website-website Islam yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najikh, Ahmad HayyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Kesehatan
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; wwww.akhlakmuliacenter.com; Ustadz Mas Dhanu; penyakit
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:55
Last Modified: 06 Jul 2018 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25415

Actions (login required)

View Item View Item