Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MTs. Wahid Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afaliyah, Lailatul (2011) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MTs. Wahid Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailiyatul Afaliyah_D23206088.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Supervisi merupakan bantuan, araban dan bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Kepala madrasah sebagai supervisor secara kontinu memberikan araban, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dalam bidang profesinya. Supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan mutu pendidikan, dari hal ini untuk dapat mengetahui apakah supervisi yang dilakukan kepala madrasah di MTs. Wahid Hasyim Surabaya sudah terlaksana atau belum terlaksana. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana kegiatan supervisi kepala madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru dan faktor-faktor apa saja yang mendorong dan penghambat pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MTs. Wahid Hasyim Surabaya. Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan teoritis dan pendekatan empiris. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian yaitu dengan membaca dan menganalisis buku-buku yang relevan dengan judul skripsi ini. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Strategi penelitian dengan menggunakan teknik interview dengan kepala madrasah dan wawancara langsung pada guru. Untuk memaparkan dan temuan basil penelitian dan menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari basil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan interview dan wawancara bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru dapat terlaksana. Dapat disimpulkan bahwa bentuk pelaksanaan supervisi kepala madrasah berupa pembinaan profesi mengajar, pembinaan sikap personal profesional mengajar serta pengembangan kualitas profesional guru. Adapun yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi yaitu faktor internal dan faktor ekstemal dengan menggunakan analisis SWOT yang dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh kepala sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afaliyah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Supervisi kepala madrasah; profesionalisme guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2018 02:33
Last Modified: 06 Jul 2018 02:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25409

Actions (login required)

View Item View Item