Terapi rasional emotif dalam menangani siswa introvert

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismiyawati, Ismiyawati (2011) Terapi rasional emotif dalam menangani siswa introvert. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismiyawati_D03207034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada dasamya manusia dilahirkan dengan memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap manusia berbeda antara saatu dengan yang lain Begitu juga kehidupan sosialnya. Untuk menyeimbangkan hidupnya manusia dituntut untuk memenuhi kebutuhan sosialnya Jika pemenuhan itu kurang diperhatikan manusia bisa mengalami gangguan. Hal inilah yang dirasakan oleh seorang siswa yang sedang menempuh pendidikan disalah satu yayasan £a selalu menyendiri, tertutup ata introvert dan seakan jauh dari Jingkungan sosialnya yang dingaruhi oleh masa lalWtya. Yang akhimya mempengaruhi basil belajamya. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut maka konselor memberikan terapi melalui konseling individu untuk memecahkan masalah klien. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalahbagaimana proses terapai rasional emotif dalam rnenangani siswa introvert di Madrasah Aliyah Bahauddin Seanjang Sidorujo serta mengetahui bagaimana basil akhir pelaksanaan terapi rasional emotif dalam menagani ssiswa introvert. Terapi rasional emotif adalah salah satu teknik yang digunakan untuk merubah pola berpikr seseorang yang tidak rasional. Yang muncul akibat suatu kejadian yangdianggapnya mempengaruhi masa depannya atakehidupan selanjutnya. Kemudian siswa introvert adalah sis\va yang memiliki suatu karakter pribadi individ yang lebih pend:iam, sedikit bicara dan Jebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok. Dalam penyajian dan analisis data menunjukkan bahwaproses pelaksanaan terapi rasional emotif dalam menanganai siswa introvert dilakukan oleh seorang konselor adalah mengidentifikasi masalah, diahnosis, prognosis, treatment, dengan menggunakan pendekatan kognitif serta afek:tif dengan teknik bimbngan individual dan kelompok, evaluasi serta tindak lanjut. Hasil akhir dari proses pelaksanaan terapi rasional emotif dalam menangani siswa introvert dapat dikatakan berhasil. Hal ini diperoleh hasil komparasi antara kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan terapi rasional emotif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismiyawati, IsmiyawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Psikoterapi
Keywords: Terapi rasional emotif; introvert
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:21
Last Modified: 05 Jul 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item