Kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan semangat Entrepreneurship (Kewirausahaan) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif (YPM) 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdiyah, Ismul (2011) Kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan semangat Entrepreneurship (Kewirausahaan) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif (YPM) 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ismul Hamdiyah_D03206080.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin yang efektif yaitu pemimpin yang visioner, pandai dalam membuat kebijakan dan tepat dalam mengambil keputusan, mampu dalam pendelegasian serta bersikap demokratis dan partisipatif. Dalam upaya penumbuhan semangat Entrepreneurship siswa, kepemimpinan kepala sekolah di pandang sebagai cara yang tepat, karena eksistensi dari kepemimpinan itu sendiri adalah memberi pengaruh kepada yang di pimpin. Selain harus memenuhi kriteria di atas ia juga harus berjiwa entrepreneur efektif dalam melakukan koordinasi dan evaluasi dengan personel sekolah dalam pembelajaran kewirausahaan dan kegiatan ekstra kurikuler wirausaha, pandai mengadakan kemitraan dengan dunia industri dan dunia usaha pada umumnya. Seperti kepemimpinan kepala sekolah di SMK YPM 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data primemya adalah kepala sekolah, sedangkan sumber data skundemya yaitu personel sekolah terkait serta siswa. Untuk menguji validitas data penulis menggunakan trianggulasi sumber, yaitu data yang di peroleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah selanjutnya di konfirmasikan dengan yang di pimpin yaitu guru, staf dan siswa. Di SMK YPM 2 Taman Sidoarjo, kepala sekolah dalam penumbuhan semangat Entrepreneurship telah mengupayakan dengan sangat baik melalui berbagai strategi seperti pemagangan, pengadaan kegiatan unit produksi dan jasa serta pembelajaran wirausaha. Akan tetapi menurut peneliti masih ada hal-hal yang perlu di pertimbangkan. Maka sebagai saran, menurut penulis hendaknya sekolah mengadakan ekstrakurikuler wirausaha dan business centre. Karena dengan demikian para siswa akan mendapat tambahan pengalaman yang signifikan sebelum melakukan praktik di dunia industri/dunia usaha secara nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdiyah, Ismul--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Wirausaha
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Semangat Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:47
Last Modified: 05 Jul 2018 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25397

Actions (login required)

View Item View Item