Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SD Bisma Dua Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Ninik (2011) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SD Bisma Dua Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninik Hidayati_D33206006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah membahas masalah kinerja guru yang sangat berperan penting dalam keberhasilan suatu proses belajar mengajar. Hasil kinerja guru sangat berkaitan dalam peningkatan belajar siswa. Karena melalui kinerja guru dapat diketahui kemajuan-kemajuan belajar yang dialami anak serta dapat dijadikan sebagai pendorong siswa dalam kegiatan belajamya. Rumusan masalah yang hendak di cari jawabannya dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SD Bisma Dua Surabaya, (2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam Peningkatan kinerja guru di SD Bisma Dua Surabaya, (3) Bagaimana Kiner Guru di SD Bisma Dua Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Jenis rancangan penelitian dalam skripsi ini di maksudkan untuk mendapatkan gambaran (diskripsi) tentang suatu kenyataan kemudian menguji hubungan antar kenyataan yang telah ada atau telah terjadi pada objek. Basil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Bisma Dua Surabaya lebih menggunakan tipe kepemimpinan yang demokratis, kepala sekolah lebih mementingkan kepentingan bersama dari pada kepentingan diri sendiri, sehingga di SD Bisma Dua Surabaya terciptalah hubungan dan kerjasama yang baik dan harmonis, saling membantu di dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan tercipta suasana kerja yang sehat. Kepala sekolah senang menerima saran, pendapat, dan kritik dari bawahannya, dan mengutamakan kerjasama dalam mencapai tujuan. Jadi kepala sekolah yang ada di SD Bisma Dua Surabaya dalam mengambil keputusan untuk kepentingan or_ganisasi mengikutsertakan atau bersama-sama bawahann_ya baik diwakili oteh orang-orang tertentu atau partisipasi langsung dalam pengambilan keputusan. Selain itu dalam upaya peningkatkan kinerja guru, kepala sekolah menggunakan beberapa teknik yaitu: (1). supervisi kelas, (2) motivasi individu, (3) dan penghargaan khusus. Disisi lain kepala sekolah dalam peningkatkan kinerja guru mengikut sertakan pelatihan KTSP maupun Administrasi pembelajaran, kedua pelatihan tersebut merupakan kebutuhan dasar seorang guru akan melaksanakan pembelajaran, karena penguasaan kurikulum yang termasuk didalamnya terdapat Administrasi pembelajaran akan mempermudah proses pembelajaran. Hal ini dapat di buktikan bahwa guru-guru Bisma Dua Surabaya sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, mereka membuat perangkat dan menyusun silabus kemudian dikembangkan menjadi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Agar kinerja guru SD Bisma Dua Surabaya bisa sesuai, maka strategi yang digunakan kepala sekolah di antaranya: membiasakan disiplin waktu, membentuk MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), pemberian Reward bagi guru yang berprestasi dan guru yang mengabdi dalam rentang waktu yang cukup lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Ninik--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2018 08:30
Last Modified: 04 Jul 2018 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item