Peningkatan kemampuan menghafal mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Surat Pendek menggunakan media Hidden Chart pada siswa Kelas IV Semester II di MI Al Ikhlash Surabaya Tahun Pelajaran 2017-2018

Sari, Intania Cahaya (2018) Peningkatan kemampuan menghafal mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Surat Pendek menggunakan media Hidden Chart pada siswa Kelas IV Semester II di MI Al Ikhlash Surabaya Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Intania Cahaya Sari_D07214004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menghafal siswa yang rendah yaitu dengan persentase ketuntasan kemampuan menghafal sebesar 6,25% pada materi menghafal surat pendek al-Insyirah di MI Al-Ikhlash Surabaya merupakan awal dari adanya penelitian ini. Kurangnya variasi media pembelajaran dan tidak tersedianya sumber belajar berupa buku menjadikan pembelajaran kurang menarik dan siswa cenderung pasif. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media hidden chart dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan media hidden chart dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Al-Ikhlash Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui media hidden chart pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Al-Ikhlash Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media hidden chart dikatakan berjalan dengan baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan, dari 81,25% (baik) menjadi 93,75% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78,75% (baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,5% (sangat baik). (2) Adanya peningkatan kemampuan menghafal surat pendek mendapat persentase 6,25% (rendah) siswa yang tuntas pada pra siklus, 56,25% (kurang) siswa yang tuntas pada siklus I, dan dengan persentase 81,25% (baik) siswa yang tuntas pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil kemampuan menghafal siswa materi menghafal surat pendek dengan menggunakan media hidden chart menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mas'ud, Sulthon
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menghafal; Media Hidden Chart; Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Intania Cahaya
Date Deposited: 04 Jul 2018 03:56
Last Modified: 04 Jul 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25372

Actions (login required)

View Item View Item