Studi komparasi minat berorganisasi antara mahasiswa lulusan pesantren dan non pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saiin, Moh. (2011) Studi komparasi minat berorganisasi antara mahasiswa lulusan pesantren dan non pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Saiin_D03206072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Minat berorganisasi antara mahasiswa yang lulus dari pesantren dan yang lulus tidak dari pesantren. 2). Perbedaan minat berorganisai antara mahasiswa yang lulus dari pesantren dan yang tidak lulus dari pesantren. 3). Faktor apa saja yang mempengaruhi minat berorganisasi anta.ra mahasiswa yang lulus dari pesantren dan yang tidak lulus dari pesantren. Dalam penelitian ini difokuskan pada studi komparasi minat berorganisasi mahasiswa lulusan pesantren dan lulusan non pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan kependidikan Islam. Sedangkan rumusan masalah yang diajukan yaitu: bagaimanakah minat berorganisasi mahasiswa lulusan pesantren dan lulusan non pesatren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam dan apakah ada perbedaan minat berorganisasi antra mahasiswa lulusan pesantren dan lulusan non pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam. Adapun metologi penelitian yaitu yang menjadi variabel adalah mahasiswa lulusan pesantren dan non pesantren dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Sedangkan metode pengumupulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan interview. Dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: analisis pendahuluan, analisis uji hipotesa dengan menggunakan runms t score serta analisis lanjutan untuk menentukan apakah eksperimen tersebut signifikan ataupun non signiftkan. Hasil akhir dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa minat berorganisasi mahasiswa lulusan pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam berada pada tingkat kurang baik (M = 40,23). Sedangkan mahasiswa lulusan non pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam juga para tingkat kurang baik (M = 41,56). Jadi dalam penelitian ini ditemukan perbedaan yang tidak signifikan antara mahasiswa lulusan pesantren dan lulusan non pesantren di Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saiin, Moh.--UNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Minat berorganisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:58
Last Modified: 03 Jul 2018 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25364

Actions (login required)

View Item View Item