Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uminasi, Uminasih (2011) Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uminasih_D31207055.pdf

Download (975kB)

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Pembelajaran secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di samping itu, Pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Dalam Implementasi Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas dibarapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas, khususnya pada materi PAI. Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui lmplementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya, untuk mengetahui apakah dengan lmplentasi Manajemen Kelas dapat meningkatkan efektifitas Pebelajaran PAI di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya, dan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran PAI dalam Manajemen Kelas di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang tetjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat wnum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa kelas VIII C sebagai sample. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: I. Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAl di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya 2. Cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa. 3. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas Pembelajaran PAl dalam Manajemen Kelas di SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya Dari hasil penelitian ini, saran-saran yang diharapkan penulis adalah: ( 1) Bagi seluruh warga SMP Romly Tamim Kenjeran Surabaya, baik Kepala Sekolah, para guru, dan siswa bendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin. (2) Bagi peneliti lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dan diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik dan lebih sempurna tentang Implementasi Manajemen Kelas dalam meningkatkan efektifitas Pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uminasi, UminasihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Manajemen dan organisasi sekolah
Uncontrolled Keywords: Mananajeman kelas; pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:30
Last Modified: 03 Jul 2018 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25362

Actions (login required)

View Item View Item