lmplementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Pennendiknas) nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi pada pembelajaran PAl: studi kasus di SMPN 1 Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahono, Luluk Sudi (2011) lmplementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Pennendiknas) nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi pada pembelajaran PAl: studi kasus di SMPN 1 Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Luluk Sudi Wahono_D01207162.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan standar minimal yang harus dipenuhi oleh suatu satuan pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kaitannya dengan kurikulum setiap satuan pendidikan. Standar isi ini mencakup empat komponen; kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan. Keempat komponen tersebut merupakan rumusan masalah yang penulis angkat dalam penelitian ini, artinya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketercapaian implementasi standar isi No.22 di.SMPN 1BudJ.1f811 Sidoarjo. Ada dua pendekatan yang penulis gunakan untuk menjawab rumusan masalah di atas yaitu pendekatan teoritis dan ernpiris. Pendekatan teoritis yang dimaksud adalah untuk mengetahui konsep kerangka dasar dan struktur kurikulum, konsep beban belajar, konsep kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), serta konsep kalender pendidikan dari Pennendiknas tersebut yang ditunjang dan didefinisikan dari buku­ buku terkait. Sedangkan pendekatan ernpiris adalah untuk mengetahui kerangka dasar dan struktur kurikulum, konsep beban belajar, konsep kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), serta kalender penddikan di SMPN 1 Buduran Sidoarjo dengan menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemudian penulis melakukan penilaian dengan menggunakan format penilaian observasi chek list dengan acuan instrumen akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN SM). Dan setelah dilakukan penelitian di SMPN 1 Buduran Sidoarjo maka dapat disimpulkan bahwa SMPN 1 Buduran Sidoarjo dalam hal ini sangat baik dalam mengimplementasikan konsep kerangka dasar dan struktur kurikulum, konsep beban belajar, konsep kurikulum tingkat satuan pendidikan (K.TSP), serta konsep kalender pendidikan, hal tersebut dapat dilihat dari nilai akhir yakni 95,38 (sangat baik) penelitian ini yang telah diimplementasikan di SMPN 1 Buduran Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahono, Luluk SudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Permendiknas no.22 tahun 2006; pembelajaran PAI; kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:18
Last Modified: 03 Jul 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25361

Actions (login required)

View Item View Item