Pengaruh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirotun (2011) Pengaruh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotun Nisa'_D01207209.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peranan sangat penting demi berlangsungnya kehidupan dalam Negara tersebut. Maju mundurnya suatu negara tergantung bagaimana pendidikan Negara tersebut dalam menciptakan generasi muda sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Sedangkan maju mundumya pendidikan berpengaruh pada kurikulum yang merupakan akar pokok permasalahan pendidikan. Jika kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan itu baik dan berhasil, maka pendidikan tentunya akan berhasil pula. Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah menerapkan kebijakan kurikulum baru yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) diharapkan dapat menjadi suatu kurikulum yang berguna pada peningkatan mutu pendidikan tersebut. Namun untuk mencapai tujuan sebagaimana sudah digariskan dalam kurikulum ternyata banyak rintangan dan hambatan. Pendidikan dapat berhasil jika kurikulum yang merupakan isi dari pendidikan dapat mengatasi semua hambatan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian sampel, karena peneliti mengadakan penelitian terhadap sampel yang merupakan wakil dari seluruh populasi yaitu siswa kelas XI Alam SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik tahun pelajaran 2010/2011. Banyaknya sam pel yang digunakan adalah 36 siswa dari keseluruhan populasi yang berjumlah 136 siswa kelas XI. Analisis yang digunakan adalah analisis statistic yang mengunakan uji t sebagai rumusnya, karena data yang digunakan data kuantitatif, untuk mencari pengaruh satu variabel terhadap variabe11ain. Dari analisis yang telah dilakukan, diperoleh basil bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan pelaksanaan KTSP terhdap hasil belajar siswa pada hidang studi PAI di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar sisw yang sudah melaksanakan KTSP. Sedangkan pada hipotesis yang diajukan terjadi penolakan Ho. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai r xy dengan nilai r pada taraf signifikan 5% dan 1% yang diperoleh nilai r xy > nilai "r" pada taraf signifikan 5% : 0,325 dan 1% : 0,418 yaitu sebesar 0,957 > 0,325. Melihat hal tersebut disaranakan agar sekolah lebih meningkatkan lagi komponen yang medukung tercapainya tuuan atau kompetensi yang sudah digariskan dalam KTSP. Disamping itu guru harus lebih banyak mendalami materi yang terdapat dalam KTSP, sehingga KTSP dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KTSP di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh pelaksanaan KTSP terhadap keberhasilan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KhoirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: KTSP; hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:05
Last Modified: 03 Jul 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25360

Actions (login required)

View Item View Item