Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Kandangan III Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Abdul Kohar (2011) Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Kandangan III Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Kohar Ismail_D33206010.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25355

Abstract

Dari beberapa pengalaman dan studi yang membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat yang kian meningkat, berdampak pada terwujudnya perilaku masyarakat yang eksploitatif terhadap sumber daya alam (SDA) yang ada Kecenderungan tersebut tentu saja berakibat pada menurunnya tingkat kuantitas maupun kualitas SDA di Indonesia secara cepat. Oleh karenanya kualitas manusia menjadi isu sentral dan mempunyai peran yang penting dalam upaya penyelamatan SDA. Dengan pengetahuan tentang lingkungan hidup yang lebih baik, diharapkan semua lapisan masyarakat sadar untuk turut melaksanakan upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup. Menyikapi masalah tersebut dan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai wawasan lingkungan hidup kepada peserta didik dan masyarakat maka diterapkan program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjawab pertanyaaan: bagaimana penerapan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SON Kandangan III Surabaya dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SON Kandangan III Surabaya? Data penelitian diperoleh melalui metode pengumpulan data (interview, observasi dan dokumentasi) serta menentukan instrument yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dan selanjutnya di analisa sesuai dengan teknik analisa data antara lain; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Setelah analisis data tersebut terbukti bahwa penerapan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SON Kandangan III Surabaya dapat tercapai dengan melaksanakan prinsip dasar program sekolah peduli dan berbudaya Iingkungan yang partisipatif dan berkelanjutan sesuai dengan empat pilar indikator dan kriteria program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dengan mengembangkan kegiatan berdasarkan norma-norma dasar sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Faktor-faktor yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan: guru, siswa, wali murid dan warga sekitar SON Kandangan III Surabaya. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan: uang dan pedagang kaki lima (PKL).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Abdul Kohar--UNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Seko1ah Pedu1i dan Berbudaya Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2018 02:08
Last Modified: 03 Jul 2018 02:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25355

Actions (login required)

View Item View Item