Konflik suporter sepak bola di Surabaya dan Malang: sebuah analisis filsafat sosial Ralf Dahrenrof

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farizal, Farizal (2011) Konflik suporter sepak bola di Surabaya dan Malang: sebuah analisis filsafat sosial Ralf Dahrenrof. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farizal_E11304004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fenomena permusuhan suporter sepak bola Surabaya dan Malang menggugah keinginan penulis untuk menelusuri apa sebenamya yang melatarbelakangi dari konflik tersebut. Dengan mengetahui konflik tersebut, berarti kita mengungkapkan salah satu unsur persoalan yang ada di masyarakat ke dalam bentuk tulisan. Faktor itulah yang mendorong penulis untuk mengangkat ke permukaan akademis melalui karya tulis ilmiah yang berbentuk skripsi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan data atau informasi yang bersumber melalui wawancara dari lima orang perwakilan dari kelompok suporter Aremania dan Bonek serta menggunakan FGD (Focus Group Discution). Dan dokumentasi yang berupa tulisan atau catatan yang berhubungan dengan masalah-masalah yang terkait dengan penelitian tersebut. Metode analisisnya deskriptif dengan pengertian historis dan filosofis, artinya penelitian ini berusaha untuk mendapatkan kerangka ideologis, epistimologis dan asumsi metodologis. Penulis memaparkan dari kerangka teori konflik dengan memasukan beberapa pemikir yang membahas persoalan kotlik. Tradisi konflik klasik yang terdiri dari Ibn Khaldun, Thomas Hobes, Jhon Lock, Jacques Rousseau, Karl Mark.Marx Weber dan Emile Durkheim, George Simmel. Sedangkan tradisi teori konflik kontemporer terdiri dari Lewis A. Coser dan Ralf Dahrendrof yang mewakili dari teori konflik mazhab positivis, Herbert Blumer mewakili tradisi mazhab Humanis. Dan Jurgen Habermas mewakili teori konflik mazhab kritis. Dari kesetnua yang telah disebutkan diatas dipengaruhi filsafat positifis dari Perpaduan empirisme Aristotels dan rasionalisme Plato dan ilmu sosial humanis dari filsafat Kantian serta Ilmu sosial kritis Frankfurt Institute dari teori praksis Hegel. Kerangka pemikiran tersebut digunakan untuk menunjang pemikiran filsafat Sosialnya Ralf Dahrendrof saat menggunakan teori konflik untuk membedah objek persoalan yang akan di analisa. Dari sekian Pemikiran Ralf Dahrendrof yang menerangkan konflik, terdapat teori kelas dan pertentangan kelompok yang digunakan penulis untuk metnbedah konflik tersebut. Konflik suporter ini dipengaruhi oleh pertentangan dalmn perebutan legitimasi publik detni eksistensi daerah. Sehingga keduanya saling tnengunggulkan simbol kedaerahannya dan didorong ke dalam dunia sepak bola. Dan di dalam ajaran Islam mengndung anjuran untuk mendamaikan saudara seiman yang berkonflik agar saling tnengenal satu sama lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farizal, FarizalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Konflik sosial
Sosiologi
Sepak Bola
Uncontrolled Keywords: Konflik suporter sepak bola; Surabaya dan Malang; filsafat sosial; Ralf Dahrenrof
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:56
Last Modified: 02 Jul 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item