Studi Deskriptif profesionalisme guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhillah, Nur (2011) Studi Deskriptif profesionalisme guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Fadhillah_D54207005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam era pembangunan dan negara yang sedang berkembang seperti Indonesia ini, guru mempunyai peranan penting dalam mengabdi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa termasuk bimbingan pada generasi mendatang. Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu seorang guru mempunyai kewajiban secara langsung untuk mengawasi dan membantu proses belajar pada peserta didik. Diakui atau tidak, guru akan selalu menjadi unsur penting yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu penclidikan. Oleh karena itu maka guru selalu berperan dalam pembentukan sumberdaya manusia yang pontensial dibidang pembangunan bangsa dan negara. Guru adalah orang kedua setelah orang tua yang selalu mendidik dan mengawasi anak, untuk. menuju cita-cita dan tujuan hidupnya. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki dedikasi yang sangat tinggi dan profesi yang dipilihnya itu bukan pekerjaan sampingan, sebab diakui atau tidak gurulah yang menentukan keberhasilan anak. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Surabaya, untuk mengumpulkan data-data tersebut menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkwnpul berupa kata-kata dianalisa dengan teknik analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan pada basil pertemuan diatas, faktor­ faktor yang dapat mendukung profesionalitas guru adalah latar belakang penclidikan, kesesuaian pendidikan, dan pengalaman mengajar. Profesionalisme guru (untuk kelas reguler) dalam proses belajar mengajar sudah sangat baik, terbukti dengan kemampuan guru membuat satuan pelajaran; selalu membuat persiapan mengajar dengan baik, menggunakan alat peraga dengan baik, dan selalu mengadakan evaluasi. Upaya peningkatan profesionalisme yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah penataran, pengawasan kedisiplinan clan rapat. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru adalah melanjutkan jenjang pendidikan, membaca sendiri, dan musyawarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhillah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru; Proses Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:14
Last Modified: 02 Jul 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25343

Actions (login required)

View Item View Item