Proses berpikir versus penalaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Siti and Nusantara, Toto and Sa’dijah, Cholis and Irawan, Edy Bambang (2015) Proses berpikir versus penalaran Matematika. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015, 25 April 2015, Surabaya – Indonesia.

[img] Text
Siti Lailiyah_Proses berpikir versus penalaran Matematika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://www.academia.edu/33269381/Proses_Berpikir_V...

Abstract

Seringkali muncul pertanyaan-pertanyan yang terkait dengan proses berpikir dan penalaran, diantaranya “Apabila seseorang berpikir, apakah seseorang tersebut bisa dikatakan bernalar?”, “Apabila seseorang bernalar, apakah seseorang tersebut bisa dikatakan berpikir?”, “Apakah berpikir dan bernalar merupakan dua hal yang sama?”. Proses berpikir dan penalaran merupakan dua hal yang sangat penting dalam ilmu psikologi kognitif. Untuk beberapa orang, psikologi kognitif diartikan sebagai ilmu tentang berpikir dan pemikiran dapat dikatakan sebagai mahkota kognisi. Kemajuan psikologi kognitif telah menjadi senjata hebat dari teknik penelitian dan model teoritis yang dapat menyingkap beberapa fakta tentang pemikiran dan memberinya peran dalam batasan yang masuk akal dalam teori psikologi. Oleh karena itu, banyak penelitian yang mengkaji tentang proses berpikir dan penalaran terutama dalam bidang pendidikan matematika. Tujuan penelitian tentang proses berpikir dan penalaran dalam bidang pendidikan matematika salah satunya yaitu mendalami proses terjadinya sesuatu dalam benak siswa ketika mengerjakan masalah atau menyelesaikan masalah matematika. Selanjutnya hasil penelitian tersebut dapat dijadikan rujukan untuk tenaga pendidik menelusuri proses berpikir atau proses bernalarnya siswa. Untuk beberapa orang, seringkali proses berpikir dan penalaran digunakan secara sinonim. Dalam makalah ini dipaparkan perbedaan antara proses berpikir dan penalaran beserta contohnya dalam matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Nusantara, Totototonusantara@yahoo.comUNSPECIFIED
Sa’dijah, Cholislis_sadijah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Irawan, Edy Bambangib_ide@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Psikologi Belajar
Keywords: Proses Berpikir; Penalaran Matematika
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:34
Last Modified: 29 Jun 2018 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25332

Actions (login required)

View Item View Item