Implementasi jaminan mudharib terhadap risiko pembiayaan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Area Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcahyani, Dian (2018) Implementasi jaminan mudharib terhadap risiko pembiayaan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Area Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dian Nurcahyani_G74214042.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Jaminan Mudharib Terhadap Risiko Pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah Mandiri Area Malang” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi jaminan mudharib pada pembiayaan mudharabah di Bank Mandiri Syariah area Malang dan Bagaimana analisis jaminan mudharib terhadap risiko pembiayaan mudharabah di bank Mandiri Syariah Area Malang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis. Analisis merupakan suatu penelitian kualitatif yang berusaha mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya lalu ditafsirkan maknanya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu karyawan PT. Bank Mandiri Syariah Kantor Area Malang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah untuk pembiayaan mudharabah di Bank Mandiri Syariah Area Malang memang diterapkannya adanya penyertaan jaminan didalam pembiayaan, yang guna untuk meminimalisir terjadinya kerugian di bank syariah mandiri area malang. Adanya kemacetan dalam pemenuhan kewajiban yang dilakukan pihak nasabah yaitu berasal dari nasabah dan pihak bank itu sendiri. Kemudian dengan kemacetan yang terjadi pihak bank melakukan berbagai cara untuk nasabah kembali bisa membayar yaitu salah satunya melakukan penjadwalan ulang jatuh temponya. Kemudian apabila nasabah masih belum bisa membayar maka akan ditindak dengan pengeksekusian jaminan. Kemacetan dalam pembayaran selalu terjadi dalam perbankan syariah, maka dari itu sebelum memberikan pembiayaan mudharabah pada nasabah maka pihak bank harus menekankan lagi prinsip kehati-hatian dan lebih akurat dalam menganalisis 5 C nasabah. Karena salah satu faktor terjadinya kemacetan juga terdapat pada pihak bank sendiri yang kurang dalam menganalisis 5 c karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcahyani, Diandiannurcahyani64@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Keywords: Mudharabah; Jaminan; Manajemen Risiko
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurcahyani Dian
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:06
Last Modified: 29 Jun 2018 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item