Analisis terhadap metode penentuan awal Ramadhan dan Syawal oleh KH. Muhammad Sholeh bin Ismail di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibad, Rifqohul (2001) Analisis terhadap metode penentuan awal Ramadhan dan Syawal oleh KH. Muhammad Sholeh bin Ismail di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rifqohul Ibad_C01205956.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini ditujukan unt uk menjawab rumusan masalah, yaitu: Bagaimana metode penent uan awal Ramadhan dan Syawal oleh KH. Muhammad Sholeh bin Ismail di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember?, Apa landasan Hukum dalam penent uan awal Ramadhan dan Syawal oleh KH Muhammad Sholeh bin Ismail di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember?, dan Bagaimana analisis terhadap metode penent uan awal Ramadhan dan Syawal oleh KH. Muhammad Sholeh bin Ismail di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu memaparkan dan menggambarkan tentang metode penent uan awal Ramadhan dan Syawal di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember oleh K.H. Muhammad Sholeh bin Ismail, kcmudian dianalisa schingga menghasilkan pemahaman yang konkrit dan jelas. Pola pikir yang dipakai dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu metode yang berangkat dari faktor-faktor khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat um um. yakni tentang penent uan awal ramadhan dan Syawal oleh KH. Muhammad Sholeh bin Ismail terscbut kcmudian digeneralisasi kepada hal yang sifatnya um um mengenai apakah pcncrapan tersebut masih relevan dan scsuai dengan kctent uan hukum Islam yang ada. Dalam pcrmasalahan met ode penent uan awal Ramadhan dan Syawal oleh KR. Muh. Sholch bin Ismail ini, pertama kali yang perlu dibahas adalah mengetahui bagaimana penerapan metode khumasi dalam penent uan awal bulan. Begitu juga validitas hasilnya schingga dapat ditarik kcsimpulan apakah metode tcrsebut bisa diaplikasikan atau tidak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibad, Rifqohul--UNSPECIFIED
Subjects: Astronomi
Ibadah
Uncontrolled Keywords: Penentuan awal Ramadhan dan Syawal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2018 07:38
Last Modified: 28 Jun 2018 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25319

Actions (login required)

View Item View Item