Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo No. 223/Pdt.G/2005/PA.Sda. tentang bagian waris anak angkat dalam perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hastina, Diah (2009) Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo No. 223/Pdt.G/2005/PA.Sda. tentang bagian waris anak angkat dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Hastina_C01304086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap putusan Pengadilan Agama Sidoarjo No. 223/Pdt.G/2005/PA.Sda. tentang bagian waris anak angkat? Pada penelitian ini mengguanakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa Pengadilan Agama Sidoarjo memutuskan memberi anak angkat bagian dari harta warisan almarhum bapak angkatnya dengan perolehan masing-masing 4/15 bagian bagi tiap-tiap harta peninggalan dengan pertimbangan karena hibah wasiat tersebut tidak dapat dibuktikan sedangkan ia juga tidak mendapatkan wasiat, maka ia diberi hak wasiat wajibah melalui kompilasi Hukum Islam. Sedangkan tinjaun hukum Islam terhadap putusan Hakim Pengadilan Agama Sidoarjo yang memberikan bagian waris anak angkat melalui wasiat wajibah dengan perolehan 1/3 bagian adalah sudah sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hastina, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Wasiat
Waris
Uncontrolled Keywords: Bagian waris anak angkat; wasiat wajibah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:55
Last Modified: 26 Jun 2018 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item View Item