Dakwah melalui film animasi: analisis semiotik film animasi Upin dan Ipin episode hari istimewa Ibu di Media Nusantara Citra Televisi (MNCTV)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchid, Abdul (2010) Dakwah melalui film animasi: analisis semiotik film animasi Upin dan Ipin episode hari istimewa Ibu di Media Nusantara Citra Televisi (MNCTV). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Muchid_B01304036.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini mempunyai masalah yang sekaligus menjadi tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana makna yang mengandung pesan dakwah pada simbol-simbol Film Animasi (Upin dan Ipin) di Media Nusantara Citra Televisi "MNC TV''? Subyek dalam penelitian ini adalah film animasi Upin dan Ipin episode; Istimewa Hari Ibu, dimana dalam episode ini banyak mengandung pesan-pesan moral yang cukup baik untuk ditransformasikan kepada anak-anak. Dalam menjawab dua permasalahan diatas , maka peneliti menggunakan analisis data paradigma kritis dengan menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes untuk menganalisis makna yang terdapat dalam simbol-simbol film animasi Upin dan lpin episode; lstimewa Hari lbu. Dari basil penelitian ini ditemukan bahwa film animasi merupakan film yang dijadikan sebagai media berhayal dan berfantasi oleh anak-anak. Sehingga terjadi proses peniruan dari film tersebut. secara umum film animasi sangat disukai oleh anak-anak. Dengan demikian nilai-nilai yang terkandung didalamnya secara otomatis dapat diserap oleh anak-anak. Film animasi Upin dan Ipin merupakan salah satu film yang dapat dijadikan sebagai media dakwah, karena dalam film ini terdapat banyak simbol-simbol yang banyak memberikan pelajaran agama, moral, serta perilaku-perilaku baik lainnya. Terutama pada episode; Istimewa Hri Ibu, sebab dalam episode ini menyuguhkan beberapa pelajaran yang mendidik, contohnya, mengingatkan besarnya jasa Ibu kepada anaknya, pentingnya mendo'akan kedua orang tua, kewajiban menghargai orang yang lebih tua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa film animasi Upin-Ipin ini bisa dikategorikan sebagai media berdakwah. Sesuai dengan isi pesan yang terdapat didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Film
Uncontrolled Keywords: Dakwah; film animasi; analisis semiotik; film Upin dan Ipin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:46
Last Modified: 06 Jun 2018 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25272

Actions (login required)

View Item View Item