Peningkatan kualitas akademik melalui sistem pengkoordinasian di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Tambak Segaran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aina, Qori’ (2011) Peningkatan kualitas akademik melalui sistem pengkoordinasian di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Tambak Segaran Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Qori' Aina_D03207054.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah : Bagaimana Peningkatan Kualitas Akademik Melalui Sistem Pengkoordinasian di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Surabaya? Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Akademik Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Surabaya? Dalam Menjawab permasalahan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis domain (domain analysis). Artinya hasil penelitian ini hanya ditargetkan untuk memperoleh gambaran seutuhnya dari obyek yang diteliti, tanpa harus diperinci searah detail unsur-unsur yang ada dalam keutuhan obyek penelitian tersebut. Kualitas akademik adalah suatu sistem yang terpadu dalam rangka sistem pendidikan Nasional. Sebagai suatu sistem, kualitas akademik meliputi: Kualitas tenaga pendidikan, kualitas kurikulum, kualitas saran-prasarana, kualitas kesiswaan, kualitas humas dan kualitas keuangan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kualitas akademik melalui sistem pengkoordinasian yang dilakukan oleh kepala sekolah yang ada di sekolah dasar muhammadiyah 3 dalam meningkatkan kualitas akademik benar-benar sudah dilakukan dengan menerapkan koordinasi horizontal dan dengan cara melalui kewenangan, komunikasi, konsesus yang dilakukan dengan pemberian motivasi dan saling membantu, dan melalui pertemuan. Sedangkan kebutuhan kebutuhan akan koordinasi dengan saling ketergantungan timbal balik (Reciprocal Interdependence), yang didalamnya terjadi ketergantungan timbal balik dengan melibatkan hubungan antara kepala sekolah dengan instansi atau unit-unit yang terkait untuk saling memberi dan menerima serta saling berinteraksi satu sama lain. Faktor penghambat dan pendukung yang sangat berperan penting dalam pengkoordinasian di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 adalah bagian keuangan. Karena bagian keuangan sangat mempengaruhi kegiatan bidang-bidang lainnya. Factor pendukung adalah kebijakan-kebijakan kepala sekolah dalam mengatur program-program disemua bidang akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aina, Qori’UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Kualitas akademik; sistem pengkoordinasian; sekolah dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:05
Last Modified: 05 Jun 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item