Peran panglima Baybars dalam mengalahkan pasukan Mongol di Ayn Jalut Palestina pada tahun 1260 Masehi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Nanda Ashodiqi Nur (2018) Peran panglima Baybars dalam mengalahkan pasukan Mongol di Ayn Jalut Palestina pada tahun 1260 Masehi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nanda Ashodiqi Nur Yaqin_A72213138.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Panglima Baybars Dalam Mengalahkan Pasukan Mongol Di Ayn Jalut Plestina Pada Tahun 1260 Masehi.” Secara garis besar, fokus pembahasan yang ditulis di dalam skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana biografi Al-Malik al-Zahir al-Din Baybars al Bunduq? (2) Bagaimana Sejarah Bangsa Mongol dan Invasinya ke Timur Tengah? (3) Bagaimana strategi Panglima Baybars dalam Perang Ayn Jalut di Palestina? Penulisan Karya ilmiah ini menggunakan metode sejarah yang terbagi dalam beberapa tahapan, diantaranya adalah Heuristik dalam tahap ini penulis mengumpulkan berbagai sumber primer maupun sekunder yang dijadikan bahan penulisan karya ilmiah ini mengenai data tentang Peran Baybars dalam mengalahkan Pasukan Mongol di Ayn Jalut Palestina pada tahun 1260 Masehi, Verivikasi (Kritik terhadap data), Interpretasi (Penafsiran terhadap suatu data), dan terakhir adalah Historiografi (Penulisan Sejarah) kemudian dianalisis menggunakan teori Peranan menurut Gross, Mason dan Mc. Eachern. Hasil dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: (1) Baybars lahir pada 19 Juli 1223 M.. Ia adalah sultan keempat yang memerintah dari tahun 1260-1277 M. Baybars merupakan seorang pemimpin militer yang tangguh dan cerdas sekaligus sultan terbesar dan termasyhur diantara 47 Sultan Mamalik lainnya. (2) Mongol merupakan masyarakat badui yang memiliki yang sangat diakui oleh masyarakat dunia saat itu, ekspansi secara terus menerus membuat bangsa Mongol mampu menaklukan wilayah Bukhara, Khurasan, Baghad dan Suriah. (3) Perang Ayn Jalut terjadi pada tanggal 5 Ramadhan 658 H/ 3 September 1260. Ayn Jalut terletak di dekat kota kuno Megido. Baybars merupakan tokoh sentral dalam pertempuran Ayn Jalut. Melalui taktik hit and runnya Ia berhasil mengalahkan Pasukan Mongol untuk memukul mundur sejauh mungkin dari daratan Mesir dan Suriah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Nanda Ashodiqi Nurnandashodiq@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Politik > Politik Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Panglima Baybars; pasukan Mongol; Palestina
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yaqin Nanda Ashodiqi Nur
Date Deposited: 05 Jun 2018 03:32
Last Modified: 05 Jun 2018 03:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25261

Actions (login required)

View Item View Item