Pengaruh metode pembelajaran Bahasa Arab terhadap efektifitas percakapan sehari-hari di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul ‘Ulum Rangkah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubasysyir, M. Mushthofa (2010) Pengaruh metode pembelajaran Bahasa Arab terhadap efektifitas percakapan sehari-hari di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul ‘Ulum Rangkah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Mushthofa Mubasysyir_D51206397.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada dasamya pembelajaran bahasa Arab tidaklah jauh berbeda dengan pembelajaran bidang studi lain, yang berhasil tidaknya ditentukan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor metode yang sangat berperan dalam keberhasilan pembelajaran, karena berhasil tidaknya pernbelajaran bahasa Arab juga sangat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang dipakai. Masalah yang dirumuskan dalam pembahasa ini sebagai berikut: Bagaimanakah metode pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul 'Ulum ? Bagaimanakah efektifitas penerapan Percakapan sehari-hari di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul 'Ulum ? Adakah pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Efektifitas Penerapan Percakapan sehari-hari di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul 'Ulum? Dari hasil pembahasan dalam skripsi ini dapat disimpulkan diantaranya bahwa Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh para guru bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul 'Ulum Rangkah, Tambaksari, Surabaya adalah metode tidak langsung, yakni dengan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam menyampaikan materi. Penggunaan bahasa Indonesia hanya digunakan bila siswa benar-benar tidak mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh guru. Tingkat keberhasilan metode pembelajaran bahasa Arab dan efektifitas penerapannya dalam Percakapan sehari-hari cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat keberhasilan pembelajaran bahasa Arab yang dicapai sudah termasuk berhasil dengan ukuran cukup (61%). Ada Pengaruh metode pembelajaran bahasa Arab terhadap efektifitas penerapannya dalam Percakapan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian Syafahi. Nilai sudah dapat dikatakan cukup (7,2). Jika dilihat dari segi tingkatan efektifitasnya sudah dapat dikatakan baik dengan ukuran 76%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubasysyir, M. Mushthofa--UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Bahasa Arab; efektifitas percakapan sehari-hari
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2018 07:23
Last Modified: 04 Jun 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25258

Actions (login required)

View Item View Item