Pengelolaan pembelajaran melalui model pembelajaran edutainment di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Rochmatun (2011) Pengelolaan pembelajaran melalui model pembelajaran edutainment di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rochmatun Nisa_D03207043.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian tentang pengelolaan pembelajaran melalui model pembelajaran edutainment di sekolah kreatif SD muhammadiyah 20 Surabaya. Dan dalam skripsi ini penulis mencoba menguraikan tentang pengelolaan pembelajaran melalui model pembelajaran edutainment. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan merupakan salah satu kewajiban yang harus ditempuh oleh personal maupun sosial yang tidak bisa ditawar lagi. Karena pada dasarnya pendidikan adalah merupakan proses sosial yang bertujuan untuk mengembangkan potensi hidup manusia guna menghadapi tuntutan zaman dimasa yang akan datang, seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman yang semakin lama semakin bergeser. Proses pembelajaran yang ada sekarang ini dirasa masih kurang memberikan arahan pada proses pemahaman, penemuan dan penerapan karena Guru masih menggunakan metode ceramah. Selain itu juga model pembelajaran yang diterapkan di sekolah- sekolah masih bersifat konvensional. Untuk itu sebuah perubahan pembelajaran telah diterapkan di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 20 surabaya dengan menggunkan model pembelajaran Edutainmentn yang mana disini pembelajaran dipadukan dengan hiburan dan permainan sehingga peserta didik tidak akan merasa jenuh. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di ekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya dengan judul : pengelolaan pembelajaran melalui model pembelajaran edutainment dengan tujuan untuk mengetahui proses adanya pembelajaran edutainment, penerapan pembelajarannya dan juga untuk mengetahui hasil yang di peroleh dengan adanya pembelajaran edutainment ini di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data: observasi, interview, dan dokumentasi. Dan adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, kepsek, Guru Agama, Guru kelas,dan TU. Adapun langkah dalam tekhnik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini, ternyata pembelajaran edutainment merupakan salah satu bentuk inovasi pendidikan pada pola pembelajaran yang benar- benar disesuaikan dengan kondisi psikologi siswa. Penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran edutainment adalah pembelajaran yang sangat menyenangkan dan sangat efektif diterapkan dalam semua mata pelajaran khususnya pendidikan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, RochmatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran; model pembelajaran edutainment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:41
Last Modified: 04 Jun 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item