Efektivitas layanan terapi client centered dalam mengatasi siswa tidak percaya diri di SMK Negeri 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajariyah, Aulatun (2011) Efektivitas layanan terapi client centered dalam mengatasi siswa tidak percaya diri di SMK Negeri 1 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aulatun Fajariyah_D03207030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Client Centered merupakan terapi yang mendasari hal- hal yang menyangkut konsep diri, aktualisasi diri, teori kepribadian dan hakikat kecemasan. Dimana dalam terapi client centered ini perilaku yang bermasalah memiliki karakteristik seperti pengasingan, ketidak selarasan dan berperilaku yang salah penyesuaiannya. Sebagaimana dengan kasus yang peneliti temukan siswa X yang selalu pendiam, menyendiri, dan tidak bisa berinteraksi dengan baik, yang mengakibatkan X tersebut tidak percaya diri, sehingga dapat diberikan terapi layanan client centered. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana layanan terapi client centered di SMK Negeri 1 Surabaya, bagaimana efektivitas layanan terapi client centered di MK Negrei 1 Surabaya dalam mengatasi siswa tidak percaya diri, dan bagaimana keberhasilan pelaksanaanlayanan terapi client centered dalam mengatasi siswa tidak percaya diri di SMK Negrei 1 Surabaya. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan layana terapi client centered dalam mengatsi siswa tidak percaya diri, untuk mengetahui efektivitas layanan terapi dalam mengatsi siswa tidak percaya diri, dan mengetahui keberhasilan pelaksanaan layanan terapi clien centered dalam mengatasi siswa tidak percaya diri. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah konselor (Guru bimbingan konseling), konseli (seseorang yang membutuhkan bantuan), orang tua konseli dan teman konseli. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, sosiometri, angket kepribadian, dan Chek List. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari proses pelaksanaan terapi client centered dalam mengatsi siswa tidak percaya diri di SMK Negeri 1 Surabaya dikatakan berhasil karena X yang awalnya pendia, menyendiri, dan sulit bersosialisasi, setelah mendapatkan terapi yang diberikan oleh peneliti terdapat suatu perubahan terhadap X yaitu sudah mulai bergaul dengan temannya, dan selalu periang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajariyah, AulatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Psikologi > anak
Psikoterapi
Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Terapi client centered; tidak percaya diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 May 2018 04:59
Last Modified: 31 May 2018 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25247

Actions (login required)

View Item View Item