Peranan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistic learning activities dalam pengembangan bakat peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imawati, Fitri Dewi (2011) Peranan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistic learning activities dalam pengembangan bakat peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Dewi Imawati_D03207012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang peranan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik learning activities dalam pengembangan bakat peserta didk di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tentang rumusan masalah yang meliputi: 1. Bagaimana pengelolaan kegiatan ektrakurikuler jurnalistic learning activities? 2. Bagaimana bakat peserta didik jurnalistic learning activities? Dan ke-3. Bagaimana peranan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistic learning activities dalam pengembangan bakat peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo?. Tentunya untuk memperkuat penelitian ini tercakup pula landasan teori tentang kedua variable di atas. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua, peneliti menggunakan deskriftif yaitu mendiskripsikan masalah-masalah yang diteliti. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ketiga penulis menggunakan tiga tahapan dalam menganalisis data yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Verification (kesimpulan). Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisis data, diperoleh kegiatan ekstrakurikuler jurnalistic learning activities mempunyai peranan yang baik dalam pengembangan bakat peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Dari data observasi dan wawancara yang sudah dianalisis, dapat diketahui bahwa ekstrakurikuler jurnalistic learning activities mampu memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan kualitas bakatnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan sikap pada peserta didik yang semakin aktif dan kreatif, dan kegiatan on-air setiap harinya, kunjungan tiap tahunnya di TVRI atau JTV serta membuat kalender, buku profil Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo tiap tahunnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imawati, Fitri DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Jurnalisme
Keywords: Kegiatan ektrakurikuler; jurnalistic learning activies; bakat peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 May 2018 03:48
Last Modified: 31 May 2018 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25243

Actions (login required)

View Item View Item