Ritual Sindujoyoan masyarakat Desa Manyarejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulumuddin, Moch. Ichiyak (2011) Ritual Sindujoyoan masyarakat Desa Manyarejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Ichiyak Ulumuddin_E02206007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilak uka n d i desa Manyarejo kecamatan Manyar kabupaten Gresik. Penelitian ini mcngkaji tentang ritual sindujoyoan masyarakat desa Manyarejo kecamatan Manyar kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena yang terjadi pada era modern ini dan masih berpengaruh terhadap prilaku keagamaa n, social ekonomi masyara kat muslim Manyarejo. Penelitian ini menunju kkan bah wa ritual Sindujoyoan yang dilakukan oleh mnsyarakat desa Manyarejo kecamatan Manyar memiliki pcngaruh positif dari segi keagamaan. sosial dan ekonomi. Pengaruh positif yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah : Segi keagamaan yaitu masyarakat desa Manyarejo lebih sering membaca al Qur'an. Segi sosial yaitu mcmpererat tali kekerabatan antar warga. Segi ekonomi yaitu memberikan keuntungan kepada pedagang yang ada di Manyarejo dan mereka bisa lebih tahu manfaat menabung. Rit ual sindujoyoan adalah upacara selamatan yang dilakuka n masyarakat Manyarejo sebelum mclakukan acara pernikahan. Ritual ini bcrisikan bacaan­baca'an do'a atau pujian-pujian kepada Nabi Muhammad. Ritual ini bukan bertujuan untuk mempersembahkan sedekah kepada nenek moyang melainkan kepada tetangga-tetangga sekitar. Demikian inilah ulasan secara garis besar mengenai penelitian ritual sindujoyoan yang ada d i desa manya rejo kecamatan manya r kabupaten gresik. Ritual ini bertujuan untuk bersedekah kepada warga-warga sekampung dan tidak ada sama sekali acara-acara yang berbau syirik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulumuddin, Moch. Ichiyak--UNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Uncontrolled Keywords: Ritual Sindujoyoan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2018 05:04
Last Modified: 30 May 2018 05:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item