Implementasi bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung Sidoarjo

Safitri, Liana (2011) Implementasi bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liana Safitri_D03206079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi yang sesuai, dan dalam mengatasi kesukaran – kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar di suatu institusi pendidikan. Dengan adanya bimbingan belajar diharapkan dapat membantu siswa untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa. Dan dalam penelitian yang dilakukan untuk mengkaji implementasi bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan belajar di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung Sedati Sidoarjo, bagaimana kesulitan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung Sedati Sidoarjo, dan bagaimana bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan–kesulitan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan metode bservasi, interview, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan metode kulitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar di Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung yaitu berlangsung pada waktu kegiatan belajar mengajar dimana guru memberikan bantuan kepada siswanya ketika seorang siswa tidak dapat mengerjakan suatu soal atau belum memahami materi yang telah diberikan guru. Kesulitan belajar timbul dari karakteristik bidang studi masing- masing selain itu kemalasan dan kurangnya jam belajar yang dimilki oleh siswa dalam belajar turut menjadi faktor penyebab kesulitan belajar. Guru Sekolah Dasar Negeri Sedati Agung melakuakan upaya- upaya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dengan melaksanakan bimbingan belajar dengan cara bekerja sama dengan orang tua siswa, memberi motivasi, dan melakukan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyo, Bambang Hidup
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar; kesulitan belajar siswa
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 May 2018 07:47
Last Modified: 28 May 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25229

Actions (login required)

View Item View Item