Pengaruh penerapan strategi pembelajaran LSQ terhadap keberhasilan belajar Mata Pelajaran Akhlak di MADIN Miftahul Huda Tambak Rejo Waru Sidoatjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubasir, M. (2011) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran LSQ terhadap keberhasilan belajar Mata Pelajaran Akhlak di MADIN Miftahul Huda Tambak Rejo Waru Sidoatjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Mubasir_D54207029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Suatu proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh pemilihan metode pcm belajaran yang tepat yang sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan dan juga adanya dukungan atau partisipasi dari siswa. Pembelajaran di kelas masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta diskusi kelompok. Kegiatan pembeljaran tersebut menyebabkan ah1. :ivitas siswa masih rendah dan tidak termotivasi untuk mengeluarkan pendapat. Demikian pada saat diskusi kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif sedangkan siswa yang Iain ramai dan berbicara dengan temannya. Salah satu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pandangan kontruktivis adalah belajar bekerja sama. Ilelajar model ini mengunakan perilaku bersama dalam bekerja atau saling membantu di antara sesama dalam struktur kerja kelompok. Dewasa ini terdapat berbagai model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa karena siswa diajak untuk aktif berbicara atau bertanyan tentang materi yang akan dipelajari, hal tersebut mampu mengaktif kan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembeliaran LSQ terhadap keberhasilan belajar pada mata pelajaran akhlak di MADIN Mif tahul Huda Tambak Rejo Warn Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan mengambil kelas Ill sebagai sampel penelitian. lnstrumen penelitian berupa angket dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah formula mean dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang kuat antara penerapan strategi pembelajaran LSQ terhadap keberhasilan belajar mata pelajaran akhlak, Hal ini terbukti dari yang diperoleh dengan menggunakan product moment dengan rata-rata 0,81. Bila dikonsultasikan dengan tabel signifikan 5% dan l% maka dapat di lihat bahwa nilai "r" hasil penelititn lebih besar dari nilai "r" yang terdapat tabel product moment dan apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai "r'' tingkat pengaruh startegi pem belajaran LSQ terhadap keberhasilan pembelajaran mata pelajaran akhlak terbukti kuat atau tinggi. Sebab nilai 0,81 hasil penelitian berada diantara perhitungan 0,70- 0,90 yang berarti kategori kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubasir, M.--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; LSQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 May 2018 06:12
Last Modified: 28 May 2018 06:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item