Upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab pada Kelas VII MTs Darul Hijroh Kedung Tarukan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mundzir, Mundir (2011) Upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab pada Kelas VII MTs Darul Hijroh Kedung Tarukan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mundzir_D54207027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peranan Bahasa Arab disamping sebagai alat komunikasi manusia dengan sesamanya, juga komunikasi manusia beriman kepada Allah SWT yang terwujud dalam bentuk sholat dan do'a-do'a, dalam perkembangannya Bahasa Arab kini dijadikan sebagai bahasa resmi dunia intemasional dan menjadi komponen pilihan pokok pengajaran bahasa-bahasa asing disamping Bahasa lnggris. Namun dalam kenyataannya, Bahasa Arab masih dianggap oleh sebagian siswa sebagai bahasa sulit bahkan memandangnya sebagai momok. Bertitik tolak dari kenyataan tersebut diatas, maka penulis tertarik mengangkat masalah tersebut, melalui pendekatan teoritis maupun empiris, guna mengetahui minat siswa pada pembelajaran Bahasa Arab yang ada dikelas VII MTs Darul Hijroh Kedung Tarukan Surabaya. Adapun masalah yang dikaji adalah minat siswa pada pembelajaran Bahasa Arab serta upaya-upaya yang dilakukan untulc meningkatkan minat siswa pada pembelajaran Bahasa Arab di MTs. Darul Hijroh Kedung Tarukan Surabaya. Sebagai populasi dari penelitian untulc penulisan skripsi ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Hijroh Kedung Tarukan Surabaya yang berjumlah sebanyak 29 siswa. Data-data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data yaiqu Observasi, Interview, Dokumentasi, dan selanjutnya di analisa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum minat siswa terhadap bidang studi Bahasa Arab cukup baik, hal ini dikarenakan metode/cara mengajar guru yang menyenangkan dan dapat memotivasi minat siswanya. Usaha-usaha yang dilakukan siswa adalah dengan membentuk kelompok belajar, memperbaiki cara belajamya, mengumpulkan kosakata sebanyak­ banyaknya untuk dipelajari dan dihafalkan. Sedang usaha dari pihak guru yaitu selalu menggunakan metode yang menarik siswa, memberikan bimbingan belajar, membiasakan berdialog dengan siswa dengan memakai Bahasa Arab walaupun hanya sedikit. Sebagai saran kepada semua pihak tentang usaha yang dilakukan untuk meningkatkan m.inat siswanya pada pembelajaran Bahasa Arab adalah perlu adanya keterlibatan dan kerjasama siswa, orang tua serta guru sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mundzir, Mundir--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Minat belajar siswa; pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 May 2018 05:09
Last Modified: 28 May 2018 05:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item