Implementasi budaya korporat dalam meningkatkan pelayanan jasa lembaga di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masodiyanto, Masodiyanto (2011) Implementasi budaya korporat dalam meningkatkan pelayanan jasa lembaga di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masodiyanto_D03206076.pdf

Download (676kB)

Abstract

Apabila kita melihat lembaga pendidikan dari kaca mata sebuah lembaga corporate, maka lembaga pendidikan ini adalah suatu organisasi produksi yang yang menghasilkan jasa pendidikan yang dibeli oleh para konsumen. Konsumen utamanya ialah siswa, atau mahasiwa, disamping itu masih banyak konsumen lain. Apabila produsen tidak mampu memasarkan hasil produksinya, dalam hal ini jasa pendidikan, disebabkan karena mutunya tidak disenangi oleh konsumen, tidak memberikan nilai tambah bagi peningkatan pribadi individu, layanan tidak memuaskan, maka produk jasa yang ditawarkan tidak akan laku. Ada terminology baru yang dikenalkan dalam dunia bisnis, yakni satu budaya organisasi baru, yang disebut dengan budaya korporat, yaitu budaya merupakan suatu nilai yang dianut dan diyakini mampu mengembangkan dan memelihara kebiasaan yang ada di dalam perusahaan/organisasi. Oleh karenanya, kami menganngap budaya korporat merupakan satu bentuk paradigma baru yang bisa dilaksanakan. Sebagai contohnya kami memberikan contoh di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah implementasi budaya korporat di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep? (2) Bagaimanakah peningkatan pelayanan jasa lembaga di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep? (3) Bagaimanakah implementasi budaya korporat dalam meningkatkan pelayanan jasa lembaga di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep? Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakuakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Metode penelitian dalam penelitian ini, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian disajikan dalam penyajian data dan analisis data sebagaimana yang sudah digariskan dalam buku- buku metodologi penelitian pendidikan. Hasilnya, bahwa budaya korporat yang dilakukan oleh MAN Sumenep sangat sesuai dengan konsep teoritik. Kaitan dengan pelayanan, budaya korporat juga akan memberikan akses-akses yang mudah. Pelayanan yang optimal adalah tujuan yang diinginkan dari budaya korporat. Pelayanan jasa pendidikan melelui budaya korpporat juga akan memberikan wajah sekolah lebih ramah, santun dan berimbas pada citra yang baik lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masodiyanto, MasodiyantoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Layanan
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Budaya korporat; pelayanan jasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 May 2018 04:19
Last Modified: 28 May 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item