Strategi pengembangan lembaga pendidikan melalui usaha kecil masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Jadid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Muhammad (2011) Strategi pengembangan lembaga pendidikan melalui usaha kecil masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zaini_D03206064.pdf

Download (629kB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pengembangan lembaga melalui usaha kecil masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Jadid paiton probolinggo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisa domain. Pertama-tama mengumpulkan data dan menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Kemudian menganalisis Strategi pengembangan lembaga yang telah dilakukan oleh pondok pesantren Nurul Jadid. Dan bagaimanakah strategi pengembangan lembaga melalui melalui usaha kecil masyarakat. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Jadid di lakukan dengan cara; Pengasuh Pesantren beserta pengurus pesantren menetapkan tujuan lembaga terlebih dahulu, menyusun program kerja masing-masing lembaga, membangun sebuah lembaga yang husus untuk memikirkan dan menjalankan pengembangan pondok pesantren Nurul Jadid, dinakan BPPM (Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat) didalamnya juga terbentuk beberapa devisi-devisi yang khusus untuk pengembangan lembaga dan pengembangan masyarakat. Pola pengembangan lembaganya bersifat kerja sama dan membangun yang belum ada, serta mengadakan evaluasi di tingkatan lembaga pendidikan kemudian di laporkan hasil evaluasi kepada pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid. Jika sudah mendapatkan izin dari pengasuh yang berada dalam Pemimpin Teratas di pondok pesantren, maka, hasil evaluasi tersebut dilaksanakan menggunakan kerja sama atau yang lainnya. Proses pengembangan lembaga dilakukan dengan cara melihat kebutuhan yang diperlukan dan melihat tuntutan dari input atau yang sudah berproses di dalam lembaga ini. Setiap tahun diadakan evaluasi besar-besaran antara Pengasuh, pengurus pesantren, wali santri, alumni, dan santri untuk membicarakan apa yang akan diadakan untuk tahun depan. Pengembangan lembaga pendidikan pondok pesantren Nurul Jadid banyak yang membantu proses pengembangan lembaganya. Mulai dari pemimpin lembaga hingga yang bermukim di dalam pesantren. Sedangkan usaha kecil yang berada di pondok pesantren Nurul Jadid masih tetap eksis hingga sekarang. Dikarenakan dapat dukungan dari para santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren Nurul Jadid. Sekalipun usaha kecil yang diterapkan di dalam pesantren atau di sekitar pesantren dapat membantu ekonomi masyarakat dan dapat membantu pengembangan pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Masyarakat
Pendidikan > Pesantren
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; lembaga pendidikan; usaha kecil
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 May 2018 03:37
Last Modified: 28 May 2018 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25220

Actions (login required)

View Item View Item