Pengelolaan siswa inklusi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Nurul (2011) Pengelolaan siswa inklusi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Faridah_D03206049.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Pengeloaan siswa inklusi yakni mengelola dan mengurus siswa – siswi yang memiliki hambatan ke dalam kurikulum, lingkungan, interaksi sosial, dan konsep diriyang sama dengan siswa normal lainnya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimanakah pengelolaan siswa inklusi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan siswa inklusi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati. Sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Muhammadiyah 20 Surabaya setidaknya terdapat siswa inklusi dengan berbagai jenis diantaranya hyperactive, autis, slow learner, cacat fisik daan siswa berbakat. Siswa – siswi inklusi tersebut belajar bersama dalam satu kelas bersama anak – anak normal. Pengelolaan siswa di kelas menggunakan sistem kelas reguler dengan inklusi penuh. Dalam kelas ini siswa mengikuti proses pembelajaran di kelas sepenuhnya. Sekolah juga merencanakan untuk menggunakan 2 guru dalam satu kelas maka ada pemisahan antara anak normal dengan anak yang berkebutuhan khusus. Yang termasuk faktor pendukungnya adalah keluarga, kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana prasarana yang kurang memadai dan kurangnya pengetahuan guru tentang anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Masalah sosial
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan siswa inklusi; Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 May 2018 08:12
Last Modified: 25 May 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25216

Actions (login required)

View Item View Item