Tawassul dan robithoh sebagai metode terapi Islam: studi mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar di Pondok Pesantren Suryalaya Korwil Indonesia Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Khautsar, Reza (2009) Tawassul dan robithoh sebagai metode terapi Islam: studi mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar di Pondok Pesantren Suryalaya Korwil Indonesia Timur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Al Khautsar_B03205004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar (2) Bagai mana mekanisme tesebut dalam perspektif Bimbingan Konseling Islam (3) Bagaimana aplikasi tawassul dan robithoh tersebut sebagai metode terapi dalam mengatasi seorang pemuda yang malas mendirikan shalat. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar (2) Untuk mengetahui mekanisme tersebut dalam perspektif Bimbingan Konseling Islam (3) Untuk mengetahui aplikasi tawassul dan robithoh sebagai metode terapi dalam mengatasi seorang pemuda yang malas mendirikan shalat. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif eksploratif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar terdiri dari dua tahapan yaitu robithoh tahap I terdiri dari wudhu, talqin, dzikir, nasehat, tobat, sholat dan tawassul robithoh tahap II dengan cara menghadirkan guru mursyid (2) Mekanisme tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar sangat sesuai dengan perspektif Bimbingan Konseling Islam. Yaitu dapat dibuktikan dengan hilangnya semua gejela-gejala yang dialami klien dengan terapi tawassul dan robithoh (3). Aplikasi tawassul dan robithoh KH. Muhammad Ali Hanafiah Akbar dapat dikatakan baik dengan prosentase 100%. Hal itu dapat dilihat dari perubahan kondisi yang lebih baik, yang dinampakkan klien dalam kesehariannya yaitu klien sudah dapat mendirikan shalat lima waktu walaupun belum dapat tepat waktu dan aplikasi ini sama dengan ajaran Rasulullah ketika membai'at Ali dan kisahnya Nabi Yusuf yang digoda Siti Zulaikha dan kisah murid Syekh. Abdul Qodir Al-Jaelani yang hampir diperkosa oleh laki-laki jahat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Khautsar, RezaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Mekanisme; Tawassul; Robithoh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 May 2018 03:12
Last Modified: 24 May 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25202

Actions (login required)

View Item View Item