Stres pada korban penggusuran: studi kasus warga korban penggusuran Stren Kali Jagir Wonokromo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hisan, Mochammad (2010) Stres pada korban penggusuran: studi kasus warga korban penggusuran Stren Kali Jagir Wonokromo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mochammad Hisan_B07303011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Warga Stren Kali, salah satu wilayah di kelurahan Wonokromo Kota Surabaya sejak tahun 2002 sampai tahun 2009 terombang ambing oleh issue dan Surat Perintah penggusuran dari pemerintah Kota Surabaya. Kemudian, pada 4 Mei 2009 penggusuran benar-benar direalisasikan dan akibatnya 380 bangunan digusur dan 425 KK kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha. Kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha, secara otomatis berpengaruh pada kekalutan psikis warga stren kali. Oleh karena itu, penelitian bertujuan mengetahui dua hal, yaitu pertama, latar belakang kekalutan stres warga stren kali pada tahun 2009. Kedua, gambaran stres warga stren kali jagir wonokromo Kota Surabaya. Untuk menjawab kedua permasalahan diatas, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif berbasis studi kasus. Sedangkan metode untuk mengungkap data-data yang diinginkan, digunakan teknik observasi, wawancara mendalam (deep interview) dan dokumentasi. Dari analisa data yang dilakukan, menghasilkan bahwa stressor sosial stress yang dialami korban penggusuran tidak hanya disebabkan oleh penggusuran, namun problem sosial ekonomi dan keluarga seiring peristiwa penggusuran juga menjadi salah satu stressor. Sedangkan gambaran stres yang dialami warga korban penggusuran tergolong pada bentuk stres akut (kronis). Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya disarankan ada kajian mendalam tentang lingkungan sosial yang menjadi sumber stres dengan paradigma psikologi lingkungan agar kesimpulan yang didapatkan lebih utuh dan sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hisan, MochammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Stres; Penggusuran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 May 2018 02:23
Last Modified: 24 May 2018 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25199

Actions (login required)

View Item View Item