Efektivitas penggunaan tes psikologi (phsycotest) terhadap prestasi belajar siswa (dalam kaitannya dengan pemilihan jurusan) di MAN Mojosari

Nashihah, Mifta Alfiyana (2011) Efektivitas penggunaan tes psikologi (phsycotest) terhadap prestasi belajar siswa (dalam kaitannya dengan pemilihan jurusan) di MAN Mojosari. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mifta Alfiyana Nashihah_D33207006.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25198

Abstract

Masalah yang diteliti oleh penulis dalam skripsi ini adalah; 1.bagaimana pelaksanaan tes psikologi di MAN Mojosari 2. Efektif tidaknya penggunaan tes psikologi (pbsycotest) terhadap prestasi belajar siswa (dalam kaitannya dengan pemilihan jurusan) di MAN Mojosari. Tes Psikologi diadakan tiap tahun di Man Mojosari yang bertujuan untuk mengetahui IQ, Kepribadian, serta bakat dan minat siswa yang mana dalam hal ini MAN Mojosari mengundang dari Biro Konsultan "tjiptoning". Dari biro itulah yang melaksanakan tes psikologi sedangkan dari pihak sekolah hanya sebagai fasilitaor saja yang semuanya diserahkan serpenuhnya pada biro konsultan tersebut dan yang diungkap adalah I . Kemampuan Kecerdasan I IQ, 2. Kemampuan Khusus yang meliputi : pemahaman, penalaran, kemampuan berhitung, kemampuan mekanik, Iogika abstrak dan Iogika verbal, 3. Aspek Kepribadian yang meliputi : Kreativitas, ketekunan Belajar, Hubungan Sosial, Kemandirian, Percaya Diri, AQ, EQ. 4. Minat - Bakat Bidang Studi. Prestasi belajar adalah hasil belajar terakhir yang dicapai oleb siswa dalam jangka waktu tertentu, yang mana di sekolah prestasi belajar siswa biasanya dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol tertentu. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwasannya prestasi belajar siswa yang mengikuti saran dan prestasi belajar siswa yang tidak mengikuti saran rata-rata nilai rapomya sama tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data tersebut, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji "t", akan tetapi sebelum ke rumus uji "t" terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan temyata tes psikologi tidak efektif terbadap prestasi belajar dalam kaitannya dengan pemilihan jurusan, terbukti dari nilai uji "t" yang dihasilkan yaitu thit sebesar 0 dan Tro.b sebesar 2,0525. Jadi bisa dikatakan tes psikologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zainiyati, Husniyatus Salamah
Uncontrolled Keywords: Tes psikologi (phsycotest); prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2018 07:24
Last Modified: 23 May 2018 07:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item View Item