Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen kesiswaan di MAN Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdhan, Muhammad (2009) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen kesiswaan di MAN Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Hamdhan_D03205056.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi di dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya kepemimpinan yang kurang mempu menggerakkan, mempengaruhi mendorong, dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Hal ini menyebabkan kurangnya minat masyarakat terhadap lemaga pendidikan khususnya lembaga pendidkan madrasah. Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan manajemen kesiswaan di lembaga pendidikan sangat penting bahkan bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan suatu madrasah. Sehingga maju tidaknya suatu lembaga pendidikan salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan kepala madrasah dalam mempengaruhi bawahannya untuk bekeija keras dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya demi kemajuan lembaga pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan, Bagaimana manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan, Adakah peran kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan? Jika ada sejauh mana? Adapun obyek yang peneliti pilih adalah Madrasah Aliyah Negeri Lamongan, karena MAN Lamongan merupakan lembaga pendidikan favorit yang mempunyai prestis dikawasan La.mongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu mengadakan penelitian pada konteks dari suatu kebutuhan sebagaimana adanya (alami) berdasarkan fakta empiris tanpa dilakukan perubahan dan interfensi oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan pengamatan. analisis selama data di lapangan dan analisis setelah data terkumpul. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, adapun langkah­ langkahnya yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah pentingnya peran kepemimpinan kepala madrasah Aliyah negeri La.mongan dalam manajemen kesiswaan dalam lembaga pendidikan dengan mengembangkan berbagai sarana yang menunjang pengembangan atau out put siswa. Dalatn melaksankan manajetnen kesiswaan kepala madrasah aliyah negeri lamongan melakukan berbagai macam inovasi dan terobosan baru dalam pengembangan peserta didik. Dal ini dapat dilihat dari kerjasama yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan berbagai lembaga pendidikan maupaun pergtrruan tinggi dalam n1eningkatkan out put siswa dan life skill yang siap untuk menjawab tantangan masa depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdhan, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Kepemimpinan; kepela madrasah; manajemen sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2018 06:36
Last Modified: 23 May 2018 06:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item