Manajemen strategi kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BBPT Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Nazilatul (2009) Manajemen strategi kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BBPT Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nazilatul Masruroh_D03205055.pdf

Download (481kB)

Abstract

Manajemen strategi kepala sekolah mempunyai peran aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan, untuk itu ia harus memiliki kemampuan leadership yang baik, sehingga mampu mengelola dan menggerakkan sumber daya pendidikan (intern dan ekstern) yang ada secara maksimal. Pendidikan yang berkualitas akan menjadi pilihan pertama dan utama masyarakat. Dengan demikian peran kepala sekolah sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas eksistensi lembaga yang dipimpinnya (maju/mundur) harus bisa merespon kecenderungan diatas dan mampu melakukan pengembangan untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut. Atas dasar itu maka penulis tertarik untuk mengangkat judul Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pengembangan lembaga pendidikan islam meliputi, peningkatan tenaga kependidikan, peningkatan sarana dan prasarana, pembinaan kesiswaan, dan penciptaan suasana yang agamis. Adapun pengembangan dapat diketahui dalam pengambilan keputusan, membangun kebersamaan, penanaman jiwa tanggung jawab kepada seluruh warga sekolah serta lebih mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan. Adapan faktor pendukung pengembangan selama ini meliputi tenaga pendidikan yang professional, lingkungan yang agamis (pesantren), sarana dan prasarana yang lengkap serta antusiasme dan kepercayaan masyarakat yang begitu tinggi. Dari uraian diatas penulis bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa untuk mengembangkan sebuah lembaga pendidikan agar maju dan berkualitas, maka sangat dibutuhkan sekali kepala sekolah yang professional dan berjiwa demokratis sehingga mampu menggerakkan semua komponen dan potensi yang ada secara maksimal. Selain itu untuk melakukan pengembangan tersebut juga perlu adanya kerjasama dan kebersamaan antar komponen yang ada. Sebab sekolah merupakan sebuah sistem yang tak mungkin bisa berjalan dengan sendiri tetapi perlu kerjasama secara kolektif. Untuk itu upaya peningkatan kualitas pendidikan merupakan sebuah tuntutan yang harus diwujudkan. Kepala sekolah perlu terus meningkatkan langka-langkah kongkrit untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Sebab bila lembaga pendidikan tidak berkualitas maka akan ditinggalkan masyarakat, dan bila itu terjadi tentunya sebuah petaka yang tidak diinginkan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, NazilatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Strategi
Pembaruan
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi; kepala sekolah; pengembangan lembaga pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2018 04:38
Last Modified: 23 May 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item View Item