Implementasi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru dan karyawan di SMA Negeri I Gedangan-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifuddin, Ahmad (2009) Implementasi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru dan karyawan di SMA Negeri I Gedangan-Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Saifuddin_D03205054.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : 1.Bagaimana Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala SMA Negeri I Gedangan? 2. Bagaimana kinerja guru dan karyawan SMA Negeri I Gedangan? 3. Bagaimana implementasi kepemimpinan transformasional Kepala SMA Negeri I Gedangan dalam meningkatkan Kinerja guru dan karyawan? Berkenaan dengan hal itu, dalam penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode observasi yaitu menerima segala data yang didapat dari pengamatan dan catatan secara sistematis terhadap fenomena yang diselidiki, metode interview yaitu menerima data dengan jalan komunikasi dengan sumber data secara langsung, serta metode dokumentasi yakni pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen. Sedangkan dalam analisis data peneliti menggunakan teknik Trianggulasi yakni peneliti menggali data sebanyak-banyaknya dari subyek penelitian kemudian data yang didapat digali kembali kepada responden lain yang terkait, sehingga data yang sudah didapat betul-betul valid. Dengan menggunakan teknik analisis trianggulasi data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan kepala SMA Negeri I Gedangan dalam meningkatkan kinerja guru dan karyawan menggunakan pola kepemimpinan transformasional. Yaitu seorang pemimpin yang memiliki karakter khusus yaitu: (1). idealized influence, prilaku yang menghasilkan rasa hormat (respect) dan rasa percaya diri (trust) dari orang yang dipimpinnya. (2). inspirational motivation, tercermin dalam perilaku yang senantiasa menyediakan tantangan bagi pekerjaan yang dilakukan staf dan memperhatikan makna perkerjaan bagi staf. (3). intellectual stimulation, yaitu pemimpin yang memperaktikkan inovasi-inovasi. (4). Individualized consideration, pemimpin merefleksikan dirinya sebagai seorang yang penuh perhatian dalam mendengarkan dan menindak lanjuti keluhan, ide, harapan-harapan, dan segala masukan yang diberikan staf. Kesimpulan tersebut bisa dibuktikan melalui hasil wawancara dengan kepala sekolah dan responden terkait yaitu guru dan karyawan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Kepala Sekolah
Tenaga Kerja
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional; kepala sekolah; kinerja guru; kinerja karyawan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2018 03:50
Last Modified: 23 May 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item