Kebijakan pengembangan mutu pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan: studi kasus di SMA al-Islam Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Akhmad (2009) Kebijakan pengembangan mutu pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan: studi kasus di SMA al-Islam Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Akhmad Yusuf_D03205047.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan selama ini guru menjadi titik kunci bagi keberhasilan proses pembelajaran. Hal itu mengisyaratkan bahwa tugas yang diemban guru tidaklah ringan, karena itu guru menjadi elemen vital yang tidak bisa dikesampingkan. Maka sudah menjadi suatu keharusan bagi pihak sekolah untuk menyadari hal itu dan kemudian merealisasikan usaha – usaha yang mengarah pada pembinaan dan pengembangan mutu pendidik secara intensif. untuk mewujudkan guru – guru yang bermutu maka diperlukan usaha – usaha untuk mencapai hal tersebut diantaranya melalui kegiatan pengembangan mutu tenaga pengajar. Berangkat dari sinilah penulis ingin mengetahui konsep bagaimana bentuk pengembangan mutu guru, bagaimana mutu pendidikan yang ada di SMA AL- ISLAM Sidoarjo, faktor-faktor yang mendorong dan hambatan-hambatan untuk mengembangakan mutu pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Adapun obyek yang peneliti pilih adalah SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo, karena SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo merupakan lembaga pendidikan favorit yang mempunyai prestis dikawasan Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu mengadakan penelitian pada konteks dari suatu kebutuhan sebagaimana adanya (alami) berdasarkan fakta empiris tanpa dilakukan perubahan dan interfensi oleh peneliti. Bentuk pelaksanaan pengembangan mutu tenaga pengajar di SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo mencakup aspek kurikulum yang meliputi memantapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan, melaksanakan peningkatan evaluasi, melengkapi kelengkapan administrasi, meningkatkan model pembelajaran bilingual. Aspek tenaga pengajar meliputi pengadaan guru baru, yang dilaksanakan melalui langkah kebutuhan guru, rekrutmen dan seleksi, dalam hal ini dilakukan secara hati – hati dan terorganisir dengan baik, selanjutnya yaitu melalui kegiatan pembinaan dan pengembangan mutu guru baik bagi guru baru maupun guru lama seperti studi lanjut gelar, pertemuan kelompok kerja guru, penataran dan lokakarya serta studi banding. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai pelaksanaan pengembangan mutu guru di SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo telah dilaksanakan secara optimal sehingga menghasilkan guru – guru yang bermutu dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Pengembangan mutu pendidik; pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2018 02:05
Last Modified: 23 May 2018 02:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item