Analisis hukum Islam dan yuridis terhadap praktik jual beli di bawah tangan pada tanah tidak bersertifikat di Medayu Utara Merr Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Qonita Rizky (2018) Analisis hukum Islam dan yuridis terhadap praktik jual beli di bawah tangan pada tanah tidak bersertifikat di Medayu Utara Merr Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qonita Rizky Lutfiyah_C92214152.pdf

Download (13MB)

Abstract

Hasil penelitian menemukan bahwa praktik jual beli tanah dibawah tangan yang hanya dibuktikan dengan kwitansi serta surat segel lama, dimana tidak terdapat surat segel baru untuk pembeli. Serta dalam akad awal disepakati harga tanah tersebut sebesar 105 juta rupiah dan dibayar 2 termin pertama 85 juta dan kedua 20 juta yang masih ditangguhkan pembayaran sampai sertifikat jadi. Namun, penjual meminta lagiuang sebesar 15 juta untuk biaya pengurusan setifikat tanah.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli dibawah tangan pada tanah tidak bersertifikat di Medayu Utara tidak sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangankarena tujuan membeli hak atas tanah adalah pembeli dapat secara sah menguasai dan menggunakan tanah sesuai dengan Undang-Undang No. 5 tahun 1960 UUPA tentang hak milik. Dalam hukum Islam, terdapat syarat-syarat yang tidak terpenuhi dan menyebabkan kerugian yang diterima salah satu pihak, diantaranya adalah yang terdapat pada akad (shigat) yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal dan objek akad (ma’qud alayh) karena harta yang diperjual belikan harus kuat, tetap dan bernilai, yakni benda yang dapat dimanfaatkan. Sejalan dengan kesimpulan maka diharapkan setiap melakukan akad/kontrak jual beli harus dijelaskan secara detail jika perlu kesepakatan jual beli tersebut ditulis dan ditandatangani kedua belah pihak, terutama yang terkait dengan hak dan kewajiban penjual maupun pembeli karena akan berpotensi menimbulkan konflik di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Qonita RizkyQonitaRizkyL22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Jual beli di bawah tangan; Jual Beli tanah tidak bersertifikat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfiyah Qonita Rizky
Date Deposited: 23 May 2018 06:32
Last Modified: 23 May 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25179

Actions (login required)

View Item View Item