Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SDI al-Falah Sukolilo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihin, Ahmad Ibadus (2009) Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SDI al-Falah Sukolilo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ibadus Sholihin_D03205038.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penerapan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SDI Al-Falah Sukolilo Kota Surabaya. Kebijakan kepala sekolah tersebut meliputi empat hal yakni: pertama perencanaan kebijakan yang dimana proses berfikirnya secara sistematis dan analitis untuk mengembangkan program-program kebijakan dalam rangka pancapaian tujuan institusional, kedua implementasi kebijakan penerapannya bisa melalui program percepatan, program kelas khusus, dan program pendidikan khusus, yang merefleksikan pendidikan keunggulan, ketiga, evaluasi kebijakan yang dimana penilaiannya dikhususkan pada efektifitas kebijakan utama yang dilihat dari hasil belajar yang dapat diperolah siswa, keempat, institusional kebijakan yang dimana prosesnya ditempuh agar guru selalu kreatif berinovasi, guru-guru selalu disertakan dalam berbagai forum guru, pelatihan lokakarya, seminar dan studi banding. Keempat kebijakan kepala sekolah dilhat dari segi perencanaan, implementasi, evaluasi dan institusional tersebut menuntut peran kepala sekolah secara aktif membina/membimbing para guru untuk menjadi profesionalitas guru dengan baik dan benar. Kebijakan kepala sekolah bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru agar dapat menjalankan kegiatannya dalam proses belajar mengajar, serta bersedia mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mewujudkan dalam bentuk akhlak mulia, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perencanaan, implementasi, evaluasi, dan institusionalisasi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru. Berdasarkan beberapa kenyataan diatas diupayakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kegiatan dari para guru di SDI Al-Falah dalam melaksanakan kebijakan kepala sekolah khususnya di SDI Al-Falah Sukolilo Kota Surabaya. Beberapa permasalahan dalam skripsi ini dirumuskan sebagai berikut: ”Bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SDI Al-Falah Sukolilo Kota Surabaya”. Dengan demikian yang diinginkan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SDI Al-Falah Sukolilo Kota Surabaya. Metode ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan analisis data dari hasil temuan data yang terkumpul didasarkan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan beberapa hal yang dapat dideskripsikan sebagai berikut: Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru meliputi segala kegiatan yang dilakukan dengan persiapan perencanaan, implementasi, dan evaluasi yang didalamnya termasuk institusionalisasi kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihin, Ahmad IbadusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Uncontrolled Keywords: Kebijakan kepala sekolah; profesionalitas guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2018 08:02
Last Modified: 21 May 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item View Item