Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik pada lembaga Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama’ Kyai Hasan Mukmin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Na'imatul (2009) Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik pada lembaga Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama’ Kyai Hasan Mukmin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Na'imatul Lutfiyah_D03205030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen pendidikan secara mikro, yang secara langsung berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah. Konflik tidak dapat dihindari, maka pendekatan yang baik untuk diterapkan kepala sekolah adalah mencoba memanfaatkan konflik sedemikian rupa, sehingga dapat dengan tepat dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah harus mampu mengelola konflik dengan baik sehingga memberikan manfaat positif dan terhindar dari akibat yang negative. Kepala sekolah seharusnya tidak mengelak terhadap adanya konflik, tetapi mengelolanya agar dapat mendorong sekolah menjadi dinamis dan konflik tidak menghambat program sekolah. Pada skripsi yang berjudul "Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Konflik Pada Lembaga Madrasah lbtidaiyah Nahdlatul Ulama'KH. Mukmin Sidowjo", pennasalahan yang akan dibahas adalah apa jenis konflik yang ada pada lembaga MINU _<H. Mukmin, serta bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik pada lembaga l\1INU Kl-1. Mukmin. Dengan demikian, tujuan dari pada skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menjawab kedua permasalahan tersebut. Dan selanjutnya diharapkan sebagai bahan masukan bagi tenaga kependidikan khususnya kepala sekolah yang mempunyai peranan penting dalam Iembaga pendidikan rna' arif tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi, penyajian data (display data) serta pengambilan keputusan. Kemudian untuk keabsahan data penulis menggunakan metode triangulasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa jenis konflik pada lembaga MINU K.H. Mukmin yaitu kontlik antar individu dan konflik antar kelompok. Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik sudah cuknp baik yaitu dengan menetapkan visi dan misi yang sesuai dengan tujuan MIND KH. Mukmin. Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam mengelola konflik yaitu menggunakan pemecahan masalah, musyawarah, koordinasi, bantuan pihak ketiga. Adapun saran-saran penulis yaitu bagaimana kepala sekolah dapat menciptakan :;uasana yang hannonis, agar tidak 'terjadi konflik yang berdampak negative pada tenaga kependidikan. Lebih dari itu, bagaimana kepala sekolah bersama tenaga kependidikan dapat mengendalikan konflik dan memanfaatkannya untuk kentajuan lembaga. Untuk kepentingan tersebut, kepala sekolah harus betv.ribawa, jujur dan transparan. ltulah modal yang baik untuk menjalin komunikasi yang harmonis dengan para tenaga kependidikan, menciptakan rasa saling percaya, budaya malu serta budaya berbasis kreativitas dan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Na'imatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Konflik sosial
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Kepala sekolah; mengelola konflik; lembaga MI Nahdlatul Ulama’
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2018 07:19
Last Modified: 21 May 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25175

Actions (login required)

View Item View Item