Penerapan konseling individual dalam mengembangkan perilaku moral siswa di MAN Denanyar Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodliyah, Aniq Isyatur (2009) Penerapan konseling individual dalam mengembangkan perilaku moral siswa di MAN Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aniq Isyatur Rodliyah_D03205024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dalam mengembangkan perilaku moral tidak pernah berhenti dari perhatian dan pengamatan kita. Salah satunya di sekolah Madarasah AI iyah Negeri Denanyar Jombang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan konseling individual di MAN Denanyar Jombang, Bagaimana perilaku moral siswa di Madarasah Aliyah Negeri Denanyar Jombang, bagaimana penerapan konse1ing individual dalam mengembangkan perilaku moral siswa di MAN Denanyar Jombang. Skripsi ini menggunkan penelitian lapangan (field research) dan Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu: observasi, interview dan dokumentasi. dalam menganalisis data ini penulis menggunakan analisis deskriptifkualitatif. Dari penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bah,va pelaksanaan konseling individual diMAN Denanyar jombang sudah sangat baik, dan Bimbingan dan koLtseling mempunyai peran penting, yaitu dengan penanaman nilai dan norma yang kuat pada setiap individu, pelaksanaan peraturan yang konsisten, dan menciptakan yang kuat dan teguh. Perilaku moral siswa di sekolah menengah atas atau Madrasah Aliyah Negeri pada intinya bisa diatasi dengan teliti dan bisa di tangani dan di ubah tingkah lakunya menjadi lebih baik dengan peraturan-peraturan yang ada disekolah. Selain bidang psikomotor dan intelegensi, sekolah juga dapat mengembangkan perilaku moral peserta didik untuk berubah menjadi lebih baik, secara optimal yang ditunjang oleh sikap dan keterampilan yang diharapkan, oleh karena itu bimbingan dan konseling disekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu anak agar dapat mencapai ke1najuan belajar optimal. Dalam proses pembelajaran dan penyesuaian dalam kehidupan sekolah. Penerapan konseling individual di MAN Denanyar jombang berlangsung baik dan lancar. Dampak positif bimbingan dan konseling individual bagi kemajuan dan pengembangan anak _didik adalah anak akan cenderung untuk lebih mandiri, baik dalm bersikap, berperilaku, berfikir, dan bertindak. Sedangkan dampak negatif bimbingan dan konseling bagi kemajuan dan pengembangan anak didik, dalam hal ini penulis tidak mendapatkan basil yang jelas atau dianggap tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan bimbingan konseling bagi kemajuan dan pengembangan anak. Untuk itu diharapkan agar MAN Denanyar dapat terns mengefektifkan bimbingan konseling, karana pengelolaan yang efektif di arahkan pada terwujudnya akuntabilitas yang tinggi dan kegiatan bimbingan konscling secara menyeluruh serta pengembangannya sehingga kegiatan-kegiatan bimbingan konseling memiliki daya guna yang tinggi. Terselenggaranya secara maksimal semua layanan bimbingan dan konseling di sekolah dengan baik di dukung oleh pengenalan dan pemahaman akan pentingnya bimbingan konseling di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodliyah, Aniq IsyaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Bimbingan Konseling
Perilaku
Keywords: Konseling individual; perilaku moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2018 07:34
Last Modified: 18 May 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item