Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam peningkatan layanan pendidikan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'alimah, Mu'alimah (2009) Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam peningkatan layanan pendidikan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mu'alimah_D03205017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menguraikan secra komprehensif bentuk Sistem Informasi Manajetnen di SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang, (2) Menggali dan memaparkan proses Sistem Informasi Manajemen dalam layanan pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimana bentuk sistem Informasi manajemen di SMA Darul Ulum 2 B T RSBI Jombang, (2) Bagaimana peran Sistem Informasi Manajetnen dalam peningkatan. biyanan pendidikan di SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang. Untuk tnenguraikan tentang fokus masalah diatas, penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis ini diarahkan untuk menunjukkan fakta atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai kondisi tertentu sebagaimana fokus penelitian. Metode pengumpulan data data dilakukan dengan tiga cara, antara lain: (1) observasi, (2) interview, (3) dokumentasi. Ketiganya dilakukan secara terencana untuk mendapatkan data yang lengkap dan relevan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik induksi, yaitu dengan menarik kesimpulan mulai dari pernyataan atau fakta khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif secara rinci, dilengkapi dengan gambar mauoun tabel sebagaimana ruang lingkup pembahasan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem informasi manajemen di SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang lebih dikenal dengan istilah CIC (Cambridge International Centre), merupakan sebuah unit yang berdiri sendiri sebagai wujud program dari waka pengetnbangan sekolah. Unit ini dijalankan oleh tigabelas personil, yang terdiri dari seorang tnenjabat sebagai ketua SIM yang tidak lain adalah Kepala sekolah, enatn wakil kepala sekolah sekaligus tnenjabat sebagai koordinator SIM, dan yang menjalankan tugas adalah delapan departement yang mana beberapa dari mereka juga menjab at dibagian lain seperti mengajar atau sebagai penanggung jawab laboratorium. Bentuk infonnasi unit siste1n informasi tnanajemen SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI J01nbang bersumber dari unit-unit yang secara mandiri berada dibawah naungan lembaga pendidikan SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang. Sumber informasi terdiri dari dua smnber yaitu inten1al dan eksternal. Alat pemrosesan informasi pada unit sistem infonnasi 1nanajemen SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang dibedakan menjadi empat yaitu: manual, mesin manual, elektronik, dan 1nesin elektronik. (2) layanan pendidikan yang ditawarkan di SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang meliputi layanan pokok dan layanan bantu. Dan dapat dimanfaatkan oleh pelanggan (siswa dan guru). (3) pernanfaatan infonuasi pada unit sistetn informasi manajemen dalam peningkatan layanan pendidikan di SMA Darul Ulutn 2 BPPT RSBI Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'alimah, Mu'alimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Manajemen Informasi
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen (SIM); layanan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2018 03:47
Last Modified: 18 May 2018 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25162

Actions (login required)

View Item View Item