Korelasi antara konsep diri siswa dengan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Siti Abidatul (2011) Korelasi antara konsep diri siswa dengan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Abidatul Jannah_D01304186.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri yang dimiliki oleh siswa SMK Ittaqu dan dibatasi dalam hal kepercayaan diri dan adakah hubunganya dengan prestasi yang dicapai oleh isswa. Dalam penelitian yang berkarakter deskriptif kuantitatif ini penulis menggunakan dua sumber data yakni riset perpustakaan dan riset lapangan. Sebagai usaha mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian ini, maka penulis membutuhkan validasi dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul dalam rangka pengujian hipotesis dan memperoleh kesimpulan mengenai keterkaitan antara dua variable, maka diperlukan tehnik analisis data sesuai dengan variable penelitian yang mengidentifikasi tentang hubungan korelasional, dan dalam penelitian ini penulis lebih berkompromi dengan menggunakan penelitian populasi, serta dalam menganalisis data penulis menggunakan statistik “korelasi product moment”. Dari hasil penelitian ini maka dapat diketahui bahwa konsep diri yang dimiliki siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, ini dibuktikan bahwa anak yang konsep dirinya baik prestasi yang dicapai juga baik. Namun dalam penelitian yang dilakukan memperoleh hasil “r”= 0,35 ini berarti korelasi antara konsep diri dengan prestasi belajar adalah rendah. Dengan membandingkan besarnya “rxy” dan “rt” maka diperoleh hasil bahwa “rxy” lebih besar daripada “rt” pada taraf signifikansi 5 %. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkn hipotesis alternatif (Ha) diterima, berarti bahwa pada taraf signifikansi 5 % itu memang terdapat korelasi yang positif yang signifikan antara konsep diri siswa terhadap prestasi belajar bidang studi PAI SMK ITTAQU Surabaya.Selanjutnya, karena taraf signifikansi 1 % itu hipotesis nol (Ho) diterima, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Ini berarti bahwa untuk taraf signifikansi 1 % itu tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara konsep siswa terhadap prestasi belajar bidang studi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Siti AbidatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Psikologi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Konsep diri ; prestasi belajar; siswa; bidang PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2018 03:06
Last Modified: 18 May 2018 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25161

Actions (login required)

View Item View Item