Aktualisasi kemampuan jurnalistik siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Khoirul (2011) Aktualisasi kemampuan jurnalistik siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Hidayati_D01207241.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menulis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang insan akademisi. Dengan menulis, informasi dari satu orang bisa didengar oleh orang lain. Oleh karena itu, seorang akademisi sejak dini harus dibekali dengan kemampuan tulis menulis. Jurnalistik adalah salah satu bentuk aktualisasi kemampuan orang akan ide dan gagasannya. Dalam perkembangannya, jurnalistik kemudian menjadi disiplin ilmu tersendiri yang memiliki kecirian yaitu menyalurkan informasi. Dalam jurnalistik, fakta atau kabar yang terjadi di tulis dengan gaya wartawan (penulis berita) dengan melalui peliputan dan wawancara. Kemudian tulisan tersebut diinformasikan kepada khalayak umum. Dalam dunia pendidikan, jurnalistik telah menjadi kegiatan ekstakulikuler. Terlebih pada jenjang sekolah menegah pertama (SMP) dan sekolah menengah umum (SMU). Keberadaannya telah mampu menjadi wadah pengasah kemampuan siswa untuk menulis. Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang berbasis pada nilai – nilai agama yang bertujuan pada perbaikan moral dan sikap seseorang. Dalam pelaksanaannya, pendidikan agama Islam tidak hanya berpaku pada metode klasikal semisal Ceramah. Harus ada upaya untuk membuat pendidikan agama Islam bisa mudah dimengerti oleh siswa dan membuat siswa nyaman dalam mempelajarinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana tulisannya menngunakan pendekatan sosiologis, pengamatan dilakukan dengan melihat pola guru dalam menggunakan metode pengajaran yang pendidikan agama Islam. Dalam kaitannya dengan jurnalistik, apakah guru mengggunakan sarana – sarana jurnalistik semisal majalah dinding atau majalah dalam melakukan pembelajaran agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian di SMPN 13 Surabaya, bahwasanya pengajaran pendidikan agama Islam di sekolah ini telah menggunakan sarana berupa majalah dinding. Materi yang telah disampaikan oleh guru di kelas, kemudian oleh siswa ditulis kembali dalam bentuk artikel dan kemudian di tempel di majalah dinding. Dengan mengunakan model pembelajaran ini, guru pendidikan agama Islam di SMPN 13 ini yaitu Nurul Hidayati S.Ag dan Sariono S.Ag optimis siswa memiliki kreatifitas dan kemampuan untuk menulis. Karena pendidikan agama tidak cukup hanya disampaikan lewat lisan semata, tetapi juga lewat tulisan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Pendidikan Islam
Informasi
Keywords: Jurnalistik; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2018 02:43
Last Modified: 18 May 2018 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25160

Actions (login required)

View Item View Item