Pengaruh aktivitas keagamaan terhadap etos kerja warga Pondok Sosial Eks Kusta Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Himatul (2011) Pengaruh aktivitas keagamaan terhadap etos kerja warga Pondok Sosial Eks Kusta Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himatul Khoiroh_D01207219.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai masalah pengaruh aktivitas keagamaan pada etos kerja warga pondok sosial dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana aktivitas keagamaan di pondok sosial eks kusta Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya? (2) Bagaimana etos kerja warga sebelum dan sesudah mengikuti aktvitas keagamaan di pondok sosial eks kusta Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya? (3) Bagaimanakah pengaruh aktivitas keagamaan terhadap etos kerja warga pondok sosial eks kusta Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya? Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berusaha mengungkap gejala-gejala yang terjadi. Jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan (field research) yakni penelitian dengan cara terjun langsung pada obyek penelitian yang diselidiki dan penelitian ini merupakan penelitian non experimental, karena peneliti tidak melakukan perlakuan apapun terhadap obyek. Adapun metode pengumpulan datanya adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisa data, menggunakan analisis non statistik yang sesuai dengan data deskriptif, yaitu analisis menurut isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas keagamaan di pondok sosial lebih terlihat pada aktivitas Agama Islamnya. Aktivitas tersebut terdiri atas kegiatan sholat berjama’ah, pengajian, belajar baca Al-Qur’an, diba’an, dan perayaan hari besar Islam. Kegiatan tersebut mengalami perkembangan. Sedangkan etos kerja warganya juga semakin meningkat. Terlihat dari kepercayaan diri yang mereka punya dan usaha untuk hidup lebih baik yang mereka inginkan agar dapat dipandang sama dengan orang normal. Aktivitas keagamaan ini telah meningkatkan wawasan tentang keagamaan dan juga tentang kehidupan. Sehingga pola fikir atau cara pandang mereka berubah. Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh aktivitas keagamaan saja, namun juga dipengaruhi oleh tingkat kebutuhan hidup dan kegiatan yang ada di pondok social itu sendiri, misalnya bimbingan psikologis dan pelatihan ketrampilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, HimatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Perilaku
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Aktivitas keagamaan; etos kerja
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 08:00
Last Modified: 17 May 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25157

Actions (login required)

View Item View Item